A. Pendahuluan
Guru sebagai pendidik seyogyanya merasa prihatin terhadap perilaku menyimpang yang dilakukan oleh sebagian peserta didik dewasa ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa faktor lingkungan memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan anak. Kemajuan teknologi banyak disalahgunakan oleh anak didik kita, kurangnya pengawasan orang tua membuat anak semakin leluasa untuk berbuat hal-hal yang negatif sehingga kita sering mendengar bahwa pelajar melakukan tindakan amoral, terlibat VCD porno, hamil diluar nikah, sodomi dan lain-lain.
Salah satu penyebab terjadinya hal di atas adalah kurangnya pemahaman peserta didik tentang sistem reproduksi. Para ahli psikologi mengatakan bahwa sex education hendaknya diberikan sedini mungkin sehingga anak mengerti dan memahami hal tersebut. Disamping itu anak harus memiliki benteng tangguh yang dapat melindungi dirinya dari perilaku menyimpang yaitu Iman dan Taqwa.
Oleh sebab itu melalui makalah ini penulis mengajak rekan-rekan guru agar dapat memilih metode yang tepat untuk materi sistem reproduksi pada manusia dan mengaitkannya dengan Iman dan Taqwa.
B. Keterkaitan materi sistem reproduksi pada manusia dengan IMTAQ
Kompetensi dasar yang harus dicapai adalah mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia. Materi ini diawali dengan mendeskripsikan struktur alat reproduksi wanita dan struktur alat reproduksi laki-laki. Alat reproduksi wanita terdiri dari ovarium ( 1 pasang ) berfungsi untuk menghasilkan sel telur ( ovum ), tuba fallopi berfungsi sebagai tempat terjadinya pembuahan ( fertilisasi ), uterus ( rahim ) berfungsi untuk tempat tumbuh dan berkembangnya embrio dan vagina berfungsi sebagai jalan lahirnya bayi, tempat keluarnya darah haid sekaligus jalan masuk bagi sel spermatozoid. Alat reproduksi laki-laki terdiri dari testis ( 1 pasang )berfungsi untuk menghasilkan sel spermatozoid, Vasa deferens ( saluran sel spermatozoid ) berfungsi untuk menyalurkan sel spermatozoid dari testis dan penis berfungsi untuk menyalurkan sel spermatozoid ke alat reproduksi wanita. Dengan memahami struktur alat reproduksi pada manusia hendaknya peserta didik dapat merasakan kebesaran Allah atas ciptaan-Nya, Allah menciptakan manusia dengan sangat sempurna seperti yang tercantum dalam surat Al Infithaar ( 82:7-8 ) yang artinya : Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan ( susunan tubuhmu ) seimbang ( 7 ), dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu ( 8 ).
Pertumbuhan dan perkembangan embrionik dimulai semenjak terjadinya fertilisasi ( peleburan sel telur dengan sel spermatozoid ) yang menghasilkan zygot, selanjutnya zygot berkembang menjadi embrio dan seterusnya menjadi janin. Zygot akan mengalami pembelahan secara mitosis dari satu sel menjadi dua sel, empat sel, delapan sel dan seterusnya. Pembelahan zygot menjadi sel-sel anak tersebut disebut dengan cleavage. Pembelahan terjadi secara cepat dan menghasilkan sel-sel anak yang tetap berkumpul menjadi satu kesatuan yang menyerupai buah anggur yang disebut dengan morula. Selanjutnya morula akan menjadi blastula yang memiliki suatu rongga, proses pembentukan morula menjadi blastula disebut dengan blastulasi. Blastula akan menjadi gastrula, prosesnya disebut dengan gastrulasi yaitu proses terbentuknya 3 lapisan embrionik antara lain lapisan bagian luar ( ektoderm ), lapisan bagian tengah ( mesoderm ) dan lapisan bagian dalam ( endoderm ).
Selanjutnya tahap organogenesis yaitu proses pembentukan organ – organ tubuh yang merupakan perkembangan lebih lanjut dari ketiga lapisan embrionik diatas yaitu :
1. Ektoderm mengalami deferensiasi menjadi kulit, rambut, sistem saraf dan alat indra
2. Mesoderm mengalami deferensiasi menjadi otot, rangka, alat reproduksi ( testis dan ovarium ), alat peredaran darah dan alat ekskresi ( ginjal )
3. Endoderm mengalami deferensiasi menjadi alat pencernaan dan kelenjer pencernaan, dan alat pernapasan
Perkembangan embrio di dalam rahim ibu terjadi selama kurang lebih 9 bulan 10 hari dan dibagi menjadi 3 trimester yaitu :
1. Trimester pertama
Embrio berkembang menjadi janin , panjangnya kurang lebih 5,5 cm, janin telah berbentuk manusia walaupun ukuran kepala sangat besar, di akhir trimester pertama janin mulai menggerakkan tangan dan kakinya
2. Trimester kedua
Janin semakin berkembang, panjangnya kurang lebih 19 cm, tangan dan kaki telah berkembang, muka tumbuh memanjang, detak jantung telah terdeteksi dan gerakan janin mulai aktif
3. Trimester ketiga
Pertumbuhan ukuran janin sangat cepat, ukuran tubuh sudah proporsional seperti bayi, menjelang kelahiran beratnya kurang lebih 3 kg dan panjangnya 50 cm
Setelah beberapa minggu embrio akan tumbuh dan berkembang menjadi janin. Janin melekat pada plasenta dan dihubungkan oleh tali pusat. Janin dilindungi oleh rongga amnion yang di dalamnya terdapat cairan amnion ( ketuban ). Amnion berfungsi untuk melindungi embrio dari goncangan dan kekeringan. Disamping amnion juga terdapat selaput pembungkus embrio yang disebut dengan:
1. Korion , terletak di sebelah luar amnion
2. Sakus vitellinus ( kantong kuning telur ), terletak diantara amnion dan plasenta
3. Alantois, terletak di dalam tali pusat, yang berfungsi untuk ekskresi
Proses perkembangan embrio pada manusia dapat dilihat pada gambar berikut :
Allah SWT menceritakan proses kejadian manusia dalam surat Almukminun ( 23: 12-14 ) yang artinya: Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati ( berasal ) dari tanah (12), kemudian Kami jadikan saripati itu air mani ( yang disimpan ) dalam tempat yang kokoh/rahim ( 13 ), kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal daging, dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging, kemudian Kami jadikan dia makhluk yang ( berbentuk ) lain, maka Maha suci Allah, Pencipta Yang Paling Baik ( 14 ).
Allah juga menjelaskan dalam surat Az Zumar ( 39:6 ) yang artinya : Dia menciptakan kamu dari seorang diri kemudian Dia jadikan daripadanya isterinya dan Dia menurunkan untuk kamu delapan ekor yang berpasangan dari binatang ternak. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang berbuat demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan selain Dia, maka bagaimana kamu dapat dipalingkan ? ( 6 ).
Dalam Al Quran dan terjemahannya dinyatakan bahwa yang dimaksud dengan tiga kegelapan adalah :
1. Kegelapan dalam perut
2. Kegelapan dalam rahim
3. Kegelapan dalam selaput yang melindungi anak dalam rahim
Manusia adalah makhluk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya.
Allah SWT menjelaskan dalam surat At Tiin ( 95:4 ) yang artinya : Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya ( 4 )
Ketika tiba saatnya untuk melahirkan maka otot dinding rahim akan berkontraksi, detik-detik menjelang kelahiran adalah saat-saat ibu berjuang antara hidup dan mati, hanya doa yang dapat dipanjatkan semoga kelahiran berujung selamat.
Setelah memahami proses kejadian manusia yang sangat luar biasa kita ajak peserta didik untuk untuk bersikap santun kepada orang tuanya, terutama ibu tang telah mengandung dan melahirkan serta menyapihnya selama 2 tahun. Ibu yang mendidik dan membesarkan kita tanpa kenal lelah dan tiada berkeluh kesah sebagaimana yang tercantum dalam surat Luqman ( 31:14 ) yang artinya : Dan Kami perintahkan kepada manusia ( berbuat baik ) kepada dua orang ibu bapanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun, Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapamu, hanya kepadaKulah kembalimu ( 14 )
Mengingat betapa beratnya beban seorang ibu maka tidak salah kalau Rasulullah juga berpesan dalam sebuah haditsnya Ibumu.......ibumu.......ibumu ......., kemudian bapakmu. Namun kenyataan yang kita lihat sekarang masih banyak peserta didik yang tidak santun kepada orang tuanya, suka membentak, berkaata kasar, acuh dan tidak patuh. Tugas kita sebagai pendidik umtuk mengingatkan kembali bahwa apa yang mereka lakukan adalah perbuatan yang akan melukai hati orang tuanya dan termasuk pada salah satu dosa besar.
C. Penutup
1. Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan mengaitkan materi sistem reproduksi pada manusia dengan IMTAQ diharapkan peserta didik dapat memahami materi tersebut sehingga mereka terhindar dari perilaku negatif dan bersikap santun kepada ibu bapaknya serta dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
2. Saran
Diharapkan agar materi lain dalam biologi dan mata pelajaran lain juga dikaitkan dengan IMTAQ
Referensi :
Al Quran Dan Terjemahannya ( 1989 ) Departemen Agama Republik Indonesia
Evelyn C.Pearce .1993. Anatomi Dan Fisiologi Untuk Paramedis. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Kuswanti, Nur dkk. 2008. Contextual Teaching and Learniang IPA SMP/MTs Kelas IX. Jakarta : Depdiknas
Naskah Keterkaitan 11 Mata Pelajaran di SLTP dengan IMTAQ. 1999. Depdikbud
Prawirohartono,Slamet . 2003. Biologi 3. Jakarta : Bumi Aksara
Syamsuddin Muhammad Ibn Abi Bakr. Anatomi Tubuh Dalam Al Quran. PT Intimedia Ciptanusantara
IDENTITAS PENULIS
| Judul Artikel : Memahami sistem reproduksi pada manusia dengan cara Mengaitkannya dengan IMTAQ Nama Pengarang : Dewi Wariyenti,S.Pd Nomor Identitas, NIP, NIY : 19751206 199903 2 002 Institusi Kerja : SMP Negeri 2 Kec.Suliki Email : ariyantidwy612@yahoo.com Alamat Blog : dewi wariyenti blogspot.com Facebook : Dwy Ariyanti |
Dan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.
1 komentar:
Betul..bukankah ada pend. karakter= pend. Akhlak (hemat saya) perlu keterkaitan keterpaduan dan integrasi nilai Akhlak pada siswa disetiap mapel, jangan terlalu mengejar nilai (aspek kognitif) demi mengejar target nilai UN ?! Terima kasih. Kunjungi http://ccpbelajar.blogspot.com
Posting Komentar