Teknik-teknik
pengajaran dalam ALM (Audio-Lingual Method):
- Dialog Memorization 7. Transformation Drill
- Backward Build-up (expansion) Drill 8. Question-and-Answer Drill
- Repetition Drill 9. Use of Minimal Pairs
- Chain Drill 10.Complete the Dialog
- Single-slot Substitution Drill 11.Grammar Game
- Multiple-slot Substitution Drill
Kegiatan Guru
- Menjadi model pada semua tahapan pembelajaran.
- Menggunakan bahasa Inggris sebanyak mungkin dan bahasa ibu sedikit mungkin.
- Melatih ketrampilan menyimak dan berbicara siswa tanpa bahasa tulis dulu.
- Mengajarkan struktur melalui latihan pola bunyi, urutan, bentuk-bentuk, dan bukan melalui penjelasan.
- Memberikan bentuk-bentuk tulis bahasa sasaran setelah bunyi-bunyi benar-benar dikuasai siswa.
- Meminimalkan pemberian kosakata kepada siswa sebelum semua struktur umum dikuasai.
- Mengajarkan kosakata dalam konteks.
Kegiatan Siswa
- Mendengarkan sebuah percakapan sebagai model (guru atau kaset) yang berisi struktur kunci yang menjadi fokus pembelajaran, mereka mengulangi setiap baris percakapan tersebut secara individu maupun bersama-sama, menghafalkannya dan siswa tidak melihat buku.
- Mengganti dialog dengan setting tempat atau yang lainnya sesuai dengan selera siswa.
- Berlatih struktur kunci dari percakapan secara bersama-sama dan kemudian secara individual.
- Mengacu ke buku teks dan menindaklanjuti
- dengan kegiatan membaca, menulis atau kosakata yang berdasarkan percakapan yang ada, menulis dimulai dalam bentuk kegiatan menyalin dan kemudian dapat ditingkatkan.
- MATERI MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KURIKULUM 2013
- Metode Pembelajaran Bahasa Inggris
- PROSEDUR PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ALM

0 komentar:
Posting Komentar