PEMANFAATAN LABORATORIUM UNTUK PEMEBELAJARAN DAN PENELITIAN | Media Pendidikan

Selasa, 19 Februari 2013

PEMANFAATAN LABORATORIUM UNTUK PEMEBELAJARAN DAN PENELITIAN

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Laboratorium merupakan salah satu unsur penting dalam mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah, khususnya untuk bidang ilmu pengetahuan alam (fisika, biologi, dan kimia) yang menuntut adanya pembuktian antara teori yang didapatkan dengan realita yang sebenarnya. Apalagi dengan diberlakukannya KTSP (Kurukulum Tingkat Satuan pendidikan), siswa tidak hanya dituntut untuk membuktikan tetapi dituntut pula untuk dapat menemukan suatu konsep. Kurikukulum Berbasis Kompotensi (KBK) terdiri dari beberapa komponen diantaranya: Standar kompotensi, kompotensi Dasar dan indikatornya yang menekankan pada perencanaan dan pelaksanaan ilmiah serta mendemonstrasikan fenomena – fenomena alam. Prinsip prinsip ilmiah tersebut dijiwai oleh inkuiri atau penemuan.

clip_image002

Dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan inkuiri siswa dilatih untuk mengembangkan keterampilan ilmiah, misalnya mengamati, mengumpulkan data, mengajukan pertanyaan, menyusun hipotesis, merancang eksperimen, maupun menarik kesimpulan. Ini berarti pembelajaran sains tidak dapat dipisahkan dengan kerja praktek. Di sinilah peran penting suatu laboratorium, sebagai sarana belajar mengeksplorasi pengetahuan yang didapatkan melalui kegiatan eksperimen. Laboratorium merupakan sumber belajar yang efektif untuk mencapai kompetensi yang diharapkan bagi siswa. Oleh karena itu untuk mengoptimalkan fungsi laboratorium perlu dikelola secara baik. Dalam menerapkan pembelajaran sains berbasis laboratorium, maka diperlukan pengetahuan tentang hakekat sains, peranan laboratorium, pengelolaan laboratorium dan asesmen kegiatan belajar mengajar sains berbasis laboratorium.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel PEMANFAATAN LABORATORIUM UNTUK PEMEBELAJARAN DAN PENELITIAN, antara lain :
Bila Artikel PEMANFAATAN LABORATORIUM UNTUK PEMEBELAJARAN DAN PENELITIAN dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan PEMANFAATAN LABORATORIUM UNTUK PEMEBELAJARAN DAN PENELITIAN ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit