KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DAN MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (
SMK/MAK )
MATA PELAJARAN
SEJARAH INDONESIA
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
JAKARTA, 2016
ANALISIS DRAFT KI/KD
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEJARAH INDONESIA SMK/MAK
Analisis ini bertolak dari
mainframe bahwa Pelajaran Sejarah Indonesia di SMK memiliki,
Sasaran utama : Penanaman
nilai-nialai kejuangan, pemahaman sejarah perjuangan bangsa, dan
kemampuan mewujudkan karakter pribadi yang cinta bangsa dan Negara.
Tidak terpaku pada pembelajaran episode kesejarahan.
Dari sini, kami mencoba memetakan
sbb :
SMT |
K D |
LINGKUP
MATERI |
ALOKASI
WAKTU |
1 |
6 (2,4) |
- Prinsip-Prinsip Dasar Sejarah - Masa Kejayaan Masyarakat Nusantara |
18 |
2 |
6 (2,4) |
- Imperialisme di Indonesia |
8 |
- Masa Perjuangan Melawan Penjajah |
10 |
||
3 |
6 (3,3) |
- Sekitar Proklamasi 17 agustus 1945 |
8 |
- Perjuangan Mempertahankan Kemerfekaan |
10 |
||
4 |
6 |
- Perkembangan Pemikiran dan Kecenderungan
Dunia Pengaruh nya terhadap Bangsa Indonesia |
18 |
Dari Pemetaan ini, maka analisis KI/KD
Sejarah Indonesia, sbb :
KELAS: X
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi,
yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau
ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu
siswa mampu Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan dirumuskan sebagai berikut yaitu siswa mampu:
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3.
memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
4.
mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.1
memahami konsep berpikir
kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah |
4.1
menyajikan hasil penerapan
konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu
dalam peristiwa sejarah dalam bentuk tulisan atau bentuk lain |
3.2
memahami konsep perubahan dan keberlanjutan dalam
sejarah |
4.2
menyajikan
hasil
pemahaman akan konsep perubahan dan keberlanjutan dalam
mengkaji peristiwa sejarah dalam bentuk lisan maupun
tulisan |
3.3
memahami hasil-hasil dan nilai-nilai budaya
masyarakat praaksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan
lingkungan terdekat |
4.3
menyajikan hasil-hasil dan nilai-nilai budaya
masyarakat praaksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan
lingkungan terdekat dalam bentuk tulisan |
3.4
menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat,
pemerintahan, dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha
di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku
pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini |
4.4
menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan
tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan
Hindu dan Buddha yang masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa
Indonesia pada masa kini |
3.5
menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat,
pemerintahan, dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan
masyarakat Indonesia masa kini |
4.5
menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan
tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan
Islam dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada
masa kini |
3.6
menganalisis proses masuk dan perkembangan
penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke
Indonesia |
4.6
mengolah informasi tentang proses masuk dan
perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda,
Inggris) ke Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah |
||||
3.7
menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia
terhadap penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris)
sampai dengan abad ke-20 |
4.7
mengolah informasi tentang strategi perlawanan
bangsa indonesia terhadap penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol,
Belanda, Inggris) sampai dengan abad ke-20 dan menyajikannya dalam
bentuk cerita sejarah |
||||
3.8
menganalisis dampak politik, budaya, sosial,
ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis,
Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini |
4.8
menalar dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan
pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol,
Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini dan
menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah |
||||
3.9
menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya
bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini |
4.9
menyajikan langkah-langkah dalam penerapan
nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di
Indonesia pada masa kini dalam bentuk tulisan dan/atau media lain |
||||
3.10
menganalisis sifat pendudukan Jepang dan respon
bangsa Indonesia |
4.10
menalar sifat pendudukan Jepang dan respon bangsa
Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah |
||||
3.11
menganalisis peran tokoh-tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia |
4.11
menulis ulasan tentang
satu tokoh nasional dan tokoh dari daerahnya yang berjuang melawan
penjajahan |
||||
3.12
menganalisis peristiwa proklamasi kemerdekaan dan
maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan
pendidikan bangsa Indonesia |
4.12
menalar peristiwa proklamasi kemerdekaan dan
maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan
pendidikan bangsa Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita
sejarah |
||||
KELAS: XI Tujuan kurikulum mencakup empat
kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau
ekstrakurikuler. Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual,
yaitu siswa mampu Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi
sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa
lebih lanjut. Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
|
|||||
3.1
menganalisis peristiwa pembentukan pemerintahan
pertama Republik Indonesia pada awal kemerdekaan dan maknanya bagi
kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini |
4.1
menalar peristiwa pembentukan pemerintahan Republik
Indonesia pada awal kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan
Indonesia masa kini dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah |
||||
3.2
menganalisis peran dan nilai-nilai perjuangan Bung
Karno dan Bung Hatta sebagai proklamator serta tokoh-tokoh lainnya
sekitar proklamasi |
4.2
menyajkan hasil analisis peran dan
nilai-nilai perjuangan Bung Karno dan Bung Hatta serta tokoh-tokoh
lainnya sekitar proklamasi |
||||
3.3
menganalisis strategi dan bentuk perjuangan bangsa
Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu
dan Belanda |
4.3
mengolah informasi tentang strategi dan bentuk
perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari
ancaman Sekutu dan Belanda dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah |
3.4
menganalisis upaya bangsa indonesia dalam menghadapi
ancaman disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA,
Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI |
4.4
merekonstruksi upaya bangsa indonesia dalam
menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948,
DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI dan
menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah |
3.5
mengevaluasi peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh
nasional dan daerah dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa
Indonesia pada masa 1945–1965 |
4.5
menuliskan peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh
nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan
bangsa Indonesia pada masa 1945–1965 |
3.6
menganalisis perkembangan kehidupan politik dan
ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa
Demokrasi Liberal |
4.6
merekonstruksi perkembangan kehidupan politik dan
ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa
Demokrasi Liberal dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis |
3.7
menganalisis perkembangan kehidupan politik dan
ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin |
4.7
melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan
politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin dan
menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis |
3.8
menganalisis perkembangan kehidupan politik dan
ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru |
4.8
melakukan penelitian sederhana tentang pekembangan
kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru dan
menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis |
3.9
menganalisis perkembangan kehidupan politik dan
ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi |
4.9
melakukan penelitian sederhana tentang pekembangan
kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi
dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis |
3.10
mengevaluasi peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda
dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia |
4.10
menulis resensi tentang sejarah
peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan
ketatanegaraan Indonesia |
3.11
mengevaluasi peran bangsa indonesia dalam perdamaian
dunia antara lain KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non
Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting |
4.11
menyajikan hasil telaah tentang peran bangsa
indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda,
Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal
Meeting serta menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis |
3.12
mengevaluasi kehidupan Bangsa Indonesia dalam
mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era kemerdekaan
(sejak proklamasi sampai dengan Reformasi) |
4.12
membuat studi evaluasi tentang kehidupan Bangsa
Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di era
kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi) dalam bentuk
tulisan dan/atau media lain |
KETERANGAN PERUBAHAN :
NO |
PERUBAHAN |
ALASAN/ PERTIMBANGAN/ KETERANGAN |
1. |
Point 4.2.
pada Kelas X KD Keterampilan,( dari sebelumnya menerapkan
pemahaman menjadi menyajikan
hasil pemahaman) |
Kurang linier dengan KD Pengetahuannya
(3.1) yang memahami,
sementara kalau menerapkan levelnya lebih tinggi |
2. |
Point 3.3,
3.5, dan 3.7 dihilangkan |
- Karena
alokasi waktu ( hanya 4 smt ) - Kurang
mendukung seara kuat untuk menuju Sasaran Utama - Dapat
dielaborasi sebagai pengantar KD berikutnya ( otomatis akan dapat
dilalui dengan pencapaian KD berikutnya) - Untuk
menghindari terjebak pada penyampaian episode episode sejarah |
Dan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.
0 komentar:
Posting Komentar