CONTOH RPP SMP KURIKULUM 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 229 Jakarta
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : VII/ Semester Satu
Materi Pokok : Teks Hasil Observasi
Alokasi Waktu : 3 pertemuan (3 X 3 Jam Pelajaran)
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No. | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
1. | 1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya | 1.1.1 Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di kelas dan di luar kelas dengan baik dan benar |
2. | 2.1 Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi | 2.1.1 Menunjukkan perilaku tidak menjiplak pada kegiatan menulis teks 2.1.2 Selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas 2.1.3 Senantiasa menggunakan kata-kata ynag tidak menyinggung perasaan orang lain |
3. | 3.2 Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan | 3.2.1 Membedakan teks hasil observasi dengan teks deskripsi dilihat dari struktur isi 3.2.2 Membedakan teks hasil observasi dengan teks deskripsi dilihat dari fitur bahasa |
4. | 4.2 Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan | 4.2.1 Menulis judul teks observasi dengan tidak menyontek karya orang lain 4.2.2 Menulis kalisifikasi umum teks hasil observasi sesuai dengan fakta yang ditemukan 4.2.3 Menulis deskripsi penciri teks hasil observasi secara detail sesuai dengan data yang dikumpulkan |
C. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan ke-1
a. Diberi kesempatan mengamati teks hasil observasi dan deskripsi, peserta didik dapat membedakan judul kedua teks tersebut dalam waktu yang ditentukan
b. Diberi kesempatan mencermati teks hasil observasi dan deskripsi, peserta didik dapat menentukan struktur isi (klasifikasi umum, rincian deskripsi) kedua teks tersebut sesuai dengan waktu yang ditetapkan.
c. Diberi kesempatan membaca teks hasil observasi dan deskripsi, peserta didik dapat membedakan fitur bahasa teks hasil observasi dan deskripsi sesuai dengan teks yang dibaca.
2. Pertemuan ke-2
a. Disajikan objek pengamatan, peserta didik dapat mendata detail-detail objek tersebut
b. Berdasarkan detail objek pengamatan, peserta didik dapat menyusun kerangka teks observasi
3. Pertemuan ke-3
a. Berdasarkan kerangka teks observasi yang ditulisnya, peserta didik dapat menyusun draf teks hasil observasi
b. Diberi kesempatan membaca draf teks hasil observasi karya sendiri, peserta didik dapat menentukan kelemahan bagian struktur teks hasil observasi ( judul, definisi umum, bagian deskripsi, dan penutup)
D. Materi Pembelajaran
1. Pertemuan ke-1
Pengenalan struktur teks hasil observasi dan deskripsi
Struktur isi:
· Judul
· Klasifikasi umum
· Deskripsi
Ciri Bahasa
· Penggunaan kata sifat
· Penggunaan kata kerja aksi
· Penggunaan istilah-istilah teknis
2. Pertemuan ke-2
Pengamatan objek
- Pemilihan objek
- pengumpulan detail objek
- Penyusunan kerangka teks
3. Pertemuan ke-3
Penyusunan teks hasil observasi
- Penyusunan draf teks hasil observasi
- Penentuan kelngkapan dan kebenaran struktur teks observasi
E. Metode Pembelajaran
Saintifik dan inkuiri
F. Sumber Belajar
- Mahsun, dkk. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/M.Ts. Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hlm. 3 s.d. 30.
· Tim Olvista. 2011. Komodo Reptil Warisan Zaman Purba. Tersedia di http://olvista.com/fauna/komodo-reptil-warisan-zaman-purba/ diunduh, Kamis, 26 Juni 2013.
G. Media Pembelajaran
Model : Teks hasil observasi dan deskripsi, Puisi tentang alam
Gambar : Gambar lingkungan alam
Realita : Lingkungan sekolah
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan ke-1
a. Pendahuluan (12 menit )
1) Pendidik dan peserta didik bertanya jawab tentang lingkungan alam berdasarkan puisi Tanah Kelahiran karya Ramadhan KH.
2) Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang sifat baik orang yang gemar mendokumentasikan keindahan lingkungan dalam bentuk tulisan maupun gambar.
3) Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
4) Pendidik dan peserta didik menyepakatai langkah-langkah kegiatan yang akan ditempuh untuk mencapai kompetensi.
b. Kegiatan inti (90 menit)
Mengamati
· Peserta didik mengamati teks hasil observasi dan deskripsi untuk menemukan perbedaan struktur isi kedua teks tersebut
· Peserta didik secara mandiri mengamati teks observasi dan deskripsi untuk menemukan fitur-fitur bahasa pada kedua teks tersebut
Menanya
· Peserta didik dengan bimbingan guru mengajukan pertanyaan dengan berpedoman dengan kata tanya apa, di mana, bagaimana, mengapa sesuai dengan isi teks tersebut.
· Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang bahasa yang digunakan pada teks hasil obesrvasi dan deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, jenis kata , dan kalimat.
Mengumpulkan data
· Peserta didik berkelompok terdiri atas 4-5 orang/ kelompok dengan cara menyebut nama-nama benda/ tumbuhan untuk ditetapkan sebagai nama kelompoknya.
· Kelompok peserta didik membaca sumber-sumber lain untuk menentukan perbedaan struktur isi dan bahasa kedua teks tersebut.
Mengasosiasi
· Kelompok peserta didik mendiskusikan perbedaan struktur isi teks hasil teks observasi dengan deskripsi tentang judul, klasifikasi umum, dan rincian deskripsi
· Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan perbedaan bahasa yang digunakan pada teks hasil observasi dengan deskripsi sesuai dengan data yang terdapat pada kedua teks tersebut
· Peserta didik membandingkan dan menyimpulkan perbedaan struktur teks hasil observasi dengan deskripsi tepat waktu
· Peserta didik dalam kelompok membandingkan dan menyimpulkan perbedaan bahasa yang digunakan dalam teks hasil observasi dan deskripsi
Mengomunikasikan
· Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya tentang perbedaan struktur isi teks observasi dengan deskripsi
· Kelompok lain menanggapi presentasi kelompok lain dengan terlebih dahulu mengacungkan tangan
· Tanggapan kelompok memperhatikan pilihan kata yang tidak menyinggung perasaan kelompok lain
· Dengan dibimbing pendidik, peserta didik menyimpulkan perbedaan struktur isi dan bahasa teks hasil observasi dan deskripsi
c. Penutup (18 menit)
1) Peserta didik mengemukakan kesulitan dan kemanfaatan selama pembelajaran berlangsung
2) Peserta didik menyampaikan usulan untuk perbaikan pembelajaran berikutnya
3) Peserta didik menerima tugas membaca teks observasi deskripsi
4) Peserta didik menerima rencana kegiatan berikutnya berupa mengamati suatu objek sebagai bahan menulis teks hasil observasi
2. Pertemuan ke-2
a. Kegiatan Pendahuluan (12 menit )
1) Peserta didik dan pendidik bertanya jawab tentang hasil membaca teks hasil observasi
2) Peserta didik bercerita manfaat membaca teks hasil observasi dan mengemukaan pandangannya tentang teks hasil observasi
3) Peserta didik menerima informasi tujuan kegiatan pembelajaran yang akan ditempuh.
4) Peserta didik dan Pendidik menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan dalm pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati
· Peserta didik membaca teks hasil observasi
· Peserta didik menandai bagian-bagian teks hasil observasi
· Peserta didika menadandai pilihan kata yang merupakan penciri teks hasil observasi
Mananya
· Peserta didik dalam kelompok mengajukan pertanya tentang tata cara mengelompokkan data hasil observasi
· Peserta didik dalam kelompok mengajukan tata cara menyusun kerangka teks hasil observasi
Mengumpulkan data
· Peserta didik berkelompok dalam 4 atau 5 orang per kelompok dengan dipandu pendidik
· Setiap kelompok menerima tabel pengamatan dan alat teropong dari kertas manila untuk mengamati objek
· Setiap kelompok mendapat tugas dan tempat yang berbeda di luar kelas sebelum melakukan pengamatan di luar kelas
· Sebelum melakakukan pengamatan setiap kelompok mengidentifikasi unsur-unsur penting yang akan diamati sesuai dengan objek yang diamati, misalnya: tumbuhan, perlu ditentukan (a) ciri fisik, (b) kondisi tempat tumbuh, (c) perilaku tumbuhan, (d) karakteristik rinci dari tiap-tiap bagian, dan (e) proses pertumbuhannya.
· Setiap kelompok mengamati objek menggunakan alat teropong dan tabel pengamatan dengan sikap tidak berebut dan berdesakan
Mengasosiasi
§ Semua anggota kelompok masuk ke ruang kelas belajar
· Setiap anggota kelompok menuangkan hasil pengamatannya pada tabel pengamatan dipandu oleh salah seorang ketua kelompok
§ Masing-masing kelompok berdiskusi untuk menyusun kerangka teks hasil observasi
Mengomunikasikan
· Masing-masing kelompok secara bergantian menyampaikan hasil pengamatannyadengan pedoman pada strukutur teks observasi menurut apa adanya dan kelompok lain menanggapi dengan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lian
· Berdasarkan hasil pengamatan dan komentar kelompok lain, setiap kelompok menyempurnakan kerangka penulisan teks observasi
· Pendidik memberikan penguatan struktur kerangka teks hasil observasi dan tata cara menyusunnya
· Setiap peserta didik dalam kelompok menyempurnakan kerangka teks hasil observasi berdasarkan masukan dan detail fata yang diperolehnya
c. Kegiatan Penutup (18 menit)
1) Peserta didik mengemukakan pengalaman-pengalamannya selama melakukan pengamatan dan perancangan penulisan pengembangan kerangka penulisan.
2) Peserta didik menyampaikan struktur tulisan karya teman sendiri untuk dibandingkan dengan struktur tulisan teman dalam kelompok.
3) Peserta didik dan Pendidik menyepakati strukur kerangka pengembangan yang akan dijadikan penulisan teks observasi.
4) Peserta didik menerima tugas memperbaiki kerangka penulisan yang telah dibuatnya.
5) Pendidik menyampaikan rancangan kegiatan berikutnya berupa tata cara pengembangan kerangka penulisan teks observasi menjadi teks observasi.
3. Pertemuan ke-3
a. Kegiatan Pendahuluan (12 menit )
1) Peserta didik dan Pendidik bertanya jawab tentang keunggulan dan kelemahan teks observasi yang dibuatnya;
2) Peserta didik membandingkan karya obeservasi yang dibuatnya dengan teks observasi yang ditayangkan pendidik kemudian membahas keuntungan-keuntungan menulis teks observasi;
3) Peserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan berlangsung;
4) Peserta didik dan pendidik bersepakat langkah-langkah kegiatan yang akan digunakan untuk mencapai kompetensi.
b. Kegiatan Inti (90 menit)
Mengamati
1) Peserta didik duduk dalam kelompok seperti pada pertemuan sebelumnya;
2) Peserta didik dalam kelompok membaca ulang dan mencermati kerangka penulisan yang sudah diperbaiki;
Menanya
· Peserta didik dalam kelompok mengajukan pertanyaan tentang kelengkapan struktur kerangka penulisan yang dibuat masing-masing anggota
· Peserta didik dalam kelompok mengajukan pertanyaan tentang tata cara menyempurnakan kerangka teks dan pengembangannya menjadi teks hasil observasi
Mengumpulkan data
· Masing-masing peserta didik dalam kelompok mengumpulkan kelengkapan data observasi sebagai bahan penulisan draf teks hasil observasi.
· Bersama-sama kelompoknya, peserta didik mengumpulkan pilihan kata penciri teks hasil observasi sesuai dengan struktur isi
Mengasosiasi
· Masing-masing peserta didik dalam kelompok menulis draf teks observasi berdasarkan kerangka yang telah dibuatnya.
· Peserta didik dalam kelompok membandingkan draf tulisannya dengan draf tulisan teman dalam kelompok dengan memperhatikan struktur isi.
· Peserta didik dalam kelompok membandingkan draf tulisannya dengan draf tulisan teman dengan fokus memperhatikan fitur bahasa yang digunakan.
Mengomunikasikan
· Masing-masing anggota kelompok dalam kelompok saling menukar tulisan untuk dibaca dan dikomentari berdasarkan struktur isi teks hasil observasi dan bahasa yang digunakan.
· Peserta didik memajang hasil draf hasil tulisannya sesuai dengan kelompoknya masing-masing, kelompok lain menilai dengan memperhatikan struktur isi dan fitur bahasa.
· Pendidik memberi penguatan tentang draf tulisan teks observasi peserta didik sesuai bagian-bagian struktur teks hasil observasi dan bahasa yang digunakan.
c. Penutup (18 menit)
1) Peserta didik menyampaikan rasa puas atau tidaknya mengikuti kegiatan penulisan teks observasi dengan alasan yang logis;
2) Peserta didik dan Pendidik menyimpulkan hasil pembelajaran menulis teks observasi sesuai struktur teks yang dikuasai;
3) Pendidik memberi tugas mandiri memperbaiki draf tulisan teks hasil observasi;
4) Peserta dan Pendidik merumuskan rencana pembelajaran pada tahap berikutnya berupa penelaahan dan reviu teks hasil observasi karya peserta didik.
I. Penilaian
1. Sikap spiritual
a. Teknik Penialaian : Observasi
b. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c. Kisi-kisi
No. | Indikator | Butir Instrumen |
| Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di kelas dan di luar kelas dengan baik dan benar | Aspek lembar observasi - Sikap menghargai - Sikap bersyukur |
Instrumen terlampir (Lampiran 1a)
2. Sikap Sosial
a. Teknik Penialaian : Observasi, Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi, Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-kisi
No. | Indikator | Butir Instrumen |
1 | Selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas untuk kegiatan membedakan teks hasil observasi dengan deskripsi | Menyelesaikan tugas membaca dengan sungguh-sungguh dan tepat waktu (tanggung jawab) |
2 | Senantiasa menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lain pada kegiatan menanggapi perbedaan pendapat tentang teks hasil observasi dan deskripsi | Menanggapi simpulan perbedaan yang disampaikan teman dengan menggunakan intonasi dan pilihan kata yang tidak menyinggung orang lain (santun) |
3 | Menunjukkan perilaku tidak menjiplak pada kegiatan menulis teks hasil observasi | Menuliskan hasil observasi menjadi teks hasil observasi karya sendiri sesuai dengan detail data yang ditemukan (jujur) |
Instrumen terlampir (Lampiran 1 b)
3. Pengetahuan
a. Teknik Penialaian : Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi
No. | Indikator | Butir Instrumen |
| Disajikan teks observasi dan deskripsi, peserta didik dapat - Mengidentifikasi perbedaan teks struktur isi teks hasil observasi dengan deskripsi - Mengidentifikasin perbedaan bahasa yang digunakan pada teks hasil observasi dan deskripsi | Berdasarkan teks hasil observasi dan deskripsi jelaskan ciri-ciri judul, klsifikasi umum, dan deskripsi pada teks observasi yang kamu baca! Jelaskan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam teks observasi dan deskripsi yang kamu baca disertai bukti yang mendukung jawabanmu! |
| | |
Bacaan dan Rubrik penilaian terlampir (Lampiran 2)
4. Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Proyek
b. Bentuk Instrumen : Rubrik penilaian
c. Kisi-kisi
No. | Keterampilan | Butir Instrumen |
| Disajikan ilustrasi tugas pengamatan siswa dapat menulis teks observasi dengan bagian-bagian secara lengkap sesuai struktur teks observasi (judul, klasifikasi umum, rincian deskripsi) Disajikan ilustrasi tugas pengamatan siswa dapat menulis judul, klasifikasi umum, rincian deskripsi dengan isi yang sesuai hasil pengamatan Disajikan ilustrasi tugas pengamatan siswa dapat menulis judul, klasifikasi umum, rincian deskripsi dengan kalimat dan pilihan kata secara tepat Disajikan ilustrasi tugas pengamatan siswa dapat menulis judul, klasifikasi umum, rincian deskripsi dengan tanda baca dan ejaan secara tepat | 1. Pilih salah satu objek observasi yang ada di lingkunganmu! 2. Tentukan aspek-aspek yang diamati! a. Jika yang diamati tumbuhan unsur yang harus diamati meliputi (a) ciri fisik, (b) kondisi tempat tumbuh, (c) perilaku tumbuhan, (d) karakteristik rinci dari tiap-tiap bagian, dan (e) proses pertumbuhannya. Kalian bisa menambahkan unsur lain yang relevan. b. Jika yang diamati benda-benda cindera mata, benda tradisional khas, atau situs sejarah yang ada di daerahmu, unsur yang diamati adalah (a) ciri fisik (warna, motif, ukuran), (b) asal muasal, dan (c) perkembangan/ variasi bentuk cindera mata dari tahun ke tahun. Kalian bisa menambahkan unsur lain yang relevan. 3. Kembangkan hasil observasimu menjadi teks secara utuh dan beri judul yang sesuai! |
Rubrik Penilaian Proyek terlampir (Lampiran 3)
Jakarta, 17 Juli 2013
Mengetahui
Kepala SMP 229 Jakarta, Pendidik,
Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel RPP SMP KURIKULUM 2013 CONTOH, antara lain :Dan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.
0 komentar:
Posting Komentar