Ganjar Satrio Peraih Emas Indonesia di LKS SMK Tingkat Dunia | Media Pendidikan

Rabu, 10 Juli 2013

Ganjar Satrio Peraih Emas Indonesia di LKS SMK Tingkat Dunia

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Delegasi Indonesia berhasil mempersembahkan medali emas pertama pada ajang Kompetisi Keterampilan Dunia ke-42 atau 42nd Worldskills Competition Leipzig 2013 di Kota Leipzig, Jerman pada 2-7 Juli. Pada tahun ini Indonesia mengirimkan 32 peserta. Mereka berkompetisi pada 30 bidang lomba dari total 46 bidang yang dilombakan. image

Medali emas diraih oleh Ganjar Satrio dari SMKN 3 Kasihan, Bantul, DI Yogyakarta pada bidang lomba Graphic Design Technology. Selain medali emas, Indonesia juga menyabet satu medali perak atas nama Andrie Safargie dari SMK Teknika Cisaat Sukabumi, Jawa Barat, bidang lomba prototype modelling. Indonesia juga meraih sebanyak delapan medallion of excellence bagi peserta yang meraih nilai di atas 500 poin.

Berdasarkan total nilai Indonesia berada di posisi 11 dari sebanyak 47 negara peserta dan diikuti oleh lebih dari 1.000 peserta tersebut. Peringkat 1 s.d. 10 berturut-turut adalah Jepang, Cina Taipei, Perancis, Korea, Swiss, Finlandia, Brasil, Jerman, Kanada, Inggris.

Indonesia berhasil menyisihkan Australia di peringkat 12, Austria (13), Swedia (14), Cina (15), India (16), Singapura (17), Thailand (18), Kolombia (19), dan Belanda (20). Adapun Amerika Serikat di posisi 23, sedangkan Negara tetangga Malaysia di posisi 28.

Kepala Subdirektorat Kelembagaan dan Peserta Didik Direktorat Pembinaan SMK  Kemdikbud Teguh Widodo, selaku delegasi ofisial mengatakan,  prestasi Indonesia dalam ajang ini makin meningkat setiap tahun. Pada tahun 2011 di London , Inggris, tim Indonesia berhasil meraih satu medali perunggu bidang mobile robotic. “Alhamdulillah sekarang berhasil meraih emas. Kita berharap ke depan bisa meningkatkan lagi dengan dukungan dana dan peralatan yang lebih memadai,” katanya saat dihubungi melalui telepon Senin (8/07/213).

Sejak pertama kali keikutsertaannya pada tahun 2005, Indonesia berada di posisi 35 dari 37 peserta dengan empat bidang lomba yang diikuti. Peringkatnya naik ke posisi 22 dari 46 peserta di tahun 2007. Pada 2009 berada di posisi 13 dari 46 peserta. Pada 2011 di posisi 16 besar dari 48 negara.

“Tingkat kesulitannya semakin meningkat, tetapi alhamdulillah prestasinya makin meningkat,” kata Teguh. Saat ini, katanya, tim tengah bersiap pulang ke Tanah Air. SMK Bisa!

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Ganjar Satrio Peraih Emas Indonesia di LKS SMK Tingkat Dunia, antara lain :
Bila Artikel Ganjar Satrio Peraih Emas Indonesia di LKS SMK Tingkat Dunia dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Ganjar Satrio Peraih Emas Indonesia di LKS SMK Tingkat Dunia ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit