Membuat Latihan Soal Kelas Maya | Media Pendidikan

Senin, 01 Juli 2013

Membuat Latihan Soal Kelas Maya

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Mengelola Latihan

Latihan adalah aktivitas berupa soal-soal yang dapat dijawab oleh siswa secara mandiri, ketika siswa tersebut membaca suatu Modul Ajar di Materi Belajar.

1. Klik menu “Latihan” untuk mulai membuat dan mengelola soal-soal latihan.

clip_image002

2. Soal-soal latihan dapat dibuat dalam bentuk beberapa jenis paket soal. Paket-paket soal akan diacak sehingga setiap siswa mengerjakan paket soal secara random dari daftar paket soal yang sudah dibuat oleh guru. Jumlah soal pada masing-masing paket tidak dibatasi, sesuai dengan kebutuhan guru.

3. Klik tombol “Buat Paket Soal Latihan” pada paket soal yang diinginkan, untuk mulai membuat paket soal latihan.

clip_image002[4]

4. Jenis soal terbagi menjadi tiga, yaitu: Pilihan Ganda, Benar atau Salah, dan Menjodohkan. Guru dapat membuat soal dengan jenis manapun, sesuai dengan kebutuhan.

5. Untuk membuat soal pilihan ganda, klik menu “Pilihan Ganda” dan klik tombol “Tambah Soal Pilihan Ganda”.

clip_image002[6]

6. Isilah kolom-kolom yang muncul, mencakup: Stimulus (bersifat opsional, boleh diisi boleh tidak), Pertanyaan, Jawaban Benar, Jawaban 1, Jawaban 2, Jawaban 3 (bersifat opsional, boleh diisi boleh tidak); lalu klik tombol “Simpan”.

- Stimulus: dapat berupa paragraf, gambar atau tabel yang menunjang pertanyaan. Jika soal yang akan ditulis tidak memerlukan hal-hal tersebut, maka guru bisa langsung menulis pertanyaan pada kolom pertanyaan. Perhatikan

contoh stimulus berikut ini:

clip_image002[8]

- Pertanyaan: ditulis dengan pokok pertanyaan atau soal yang akan ditampilkan.

- Jawaban benar: ditulis dengan pilihan jawaban yang dianggap benar.

- Jawaban 1, Jawaban 2, Jawaban 3: ditulis dengan pilihan jawaban lain sebagaip engecoh.

7. Untuk membuat soal Benar atau Salah, klik menu “Benar Salah” dan klik tombol “Tambah Soal Benar Salah”.

clip_image002[10]

8. Lakukan pengisian kolom-kolom yang diperlukan untuk membuat soal benar salah, dalam hal ini yaitu: Stimulus, Pertanyaan, Jawaban benar (apakah yang benar Jawaban 1 atau Jawaban 2), Jawaban 1, Jawaban 2.

- Stimulus: dapat berupa paragraf, gambar atau tabel yang menunjang pertanyaan. Jika soal yang akan ditulis tidak memerlukan hal-hal tersebut, maka guru bisa langsung menulis pertanyaan pada kolom pertanyaan.

- Pertanyaan: diisi dengan kalimat pernyataan yang mudah dipahami oleh siswa.

- Jawaban benar: jika yang benar Jawaban 1 maka tuliskan benar/salah sesuai dengan kalimat pernyataan yang ditulis pada kolom pertanyaan. Misalnya: jika kalimat pernyataan adalah salah, maka pada Jawaban 1 dituliskan “Salah” dan pada Jawaban 2 dituliskan “Benar”.

9. Untuk membuat soal Menjodohkan, klik menu “Menjodohkan” dan klik tombol “Tambah Soal Menjodohkan”.

clip_image002[12]

 

10. Lakukan pengisian kolom-kolom yang diperlukan untuk membuat soal benar salah, dalam hal ini yaitu: Stimulus, Pertanyaan, Pilihan, Pasangan, dan Pengecoh.

11. Lakukan secara berulang pembuatan soal sebanyak jumlah soal yang diinginkan, pada jenis soal yang diinginkan.

12. Klik tombol “Publikasikan” untuk mempublikasikan paket soal tersebut ke dalam daftar soal latihan yang akan diacak untuk dikerjakan oleh siswa.

clip_image002[14]

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Membuat Latihan Soal Kelas Maya, antara lain :
Bila Artikel Membuat Latihan Soal Kelas Maya dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Membuat Latihan Soal Kelas Maya ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit