Arti Penelitian | Media Pendidikan

Jumat, 27 April 2012

Arti Penelitian

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Penelitian (riset, research) merupakan penyelidikan suatu masalah secara sistematis, kritis, ilmiah, dan lebih formal. Penelitian bertujuan untuk menemukan, mengembangkan, atau menguji kebenaran suatu pengetahuan yang memiliki kemampuan deskripsi dan/atau prediksi. image

Kerja penelitian umumnya terdiri dari beberapa langkah utama, yaitu :

  • melakukan kajian terhadap permasalahan,
  • melakukan kajian teoritik dari permasalahan untuk kemudian secara
    deduksi dirumuskan menjadi hipotesis dari masalah yang dihadapi,
  • mengumpukan data empirik guna pengujian hipotesis,
  • mengadakan uji hipotesis, dan
  • menarik kesimpulan.

Apapun jenis penelitiannya, kegiatan penelitian memiliki tahapan kerja sebagai berikut: (a) mendapatkan dan merumuskan masalah, (b) mengKaji teori untuk merumuskan hipotesis atau menetapkan kriteria variabel dalam pengembangan/perancangan/pendeskripsian, (c)mengumpulkan fakta empirik, baik dengan menggunakan berbagai instrumen, melakukan perlakuan, atau dengan membuat produk tertentu, (d) menganalisis temuan fakta atau produk dengan kriteria teoritik untuk pengambilan kesimpulan, dan (e) menyimpulkan hasil dan mempublikasi hasil penelitiannya.

Kegiatan penelitian timbul karena adanya sifat manusia yang selalu ingin tahu. Rasa ingin tahu tersebut membawa permasalahan. Penelitian dilakukan untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan yang membutuhkan jawaban ilmiah. Permasalahan penelitian dapat berupa pencarian teori, pengujian teori ataupun untuk menghasilkan suatu produk guna pemecahan masalah praktis yang berada pada lingkup pengetahuan ilmiah.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Arti Penelitian, antara lain :
Bila Artikel Arti Penelitian dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Arti Penelitian ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit