Model pembelajaran memiliki beberapa cirri-ciri yaitu:
a. Berdasarkan teori pendidikan dan teori belajar dari para ahli tertentu. Sebagai contoh, model penelitian kelompok disusun oleh Herbert Thelen dan berdasarkan teori Jhon Dewey Model ini dirancang untuk melatih partisipasi kelompok secara demokratis.
b. Mempunyai misi atau tujuan pendidikan tertentu. Misalnya model berpikir induktif dirancang untuk mengembangkan proses berpikir induktif.
c. Dapat dijadikan untuk pedoman untuk perbaikan kegiatan belajar mengajar dikelas. Misalnya model Synectic dirancang untuk memperbaiki kreatifitas dalam pelajaran mengarang.
d. Memiliki bagian-bagian model yang dinamakan:
- Urutan langkah-langkah pembelajaran (syntax),
- Adanya prinsip-prinsip reaksi,
- Sistem sosial,
- Sistem pendukung.
Keempat bagian tersebut merupakan pedoman praktis bila guru akan melaksanakan suatu pembelajaran.
e. Memiliki dampak sebagai akibat terapan model pembelajaran. Dampak tersebut meliputi:
- Dampak pembelajaran, yaitu hasil belajar yang dapat diukur.
- Dampak pengiring, yaitu dampak belajar jangka panjang.
f. Membuat persiapan mengajar (desain instruksional) dengan pedoman model pembelajaran yang dipilih.
Referensi
- Dewey, Jhon. 1910 How We Think, Boston, D.C Health and Co
Dan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.
0 komentar:
Posting Komentar