Cara Menulis Pada Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan | Media Pendidikan

Selasa, 17 April 2012

Cara Menulis Pada Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 1995 telah menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan dan terbit enam kali dalam setahun. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Pedoman Penulisan :

  1. Naskah belum pernah dimuat/diterbitkan di media lain, diketik dengan 2 spasi pada kertas kuarto,jumlah 10-30 halaman dilengkapi abstrak sebanyak 100-150 kata (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) dan kata kunci sebanyak 5 pengertian (deskriptor). Naskah dikirim ke alamat redaksi dalam bentuk ketikan dan disertai softcopynya.
  2. Naskah yang dapat dimuat dalam jurnal ini meliputi tulisan tentang kebijakan, penelitian, pemikiran, reviu teori/konsep/metodologi, resensi buku baru, dan informasi lain yang berkaitan dengan permasalahan pendidikan dan kebudayaan.
  3. Artikel hasil penelitian memuat judul, nama penulis, abstrak, kata kunci, dan isi. Isi artikel mempunyai struktur dan sistematika serta persentase jumlah halaman sebagai berikut.
    • Pendahuluan meliputi latar belakang, perumusan masalah, dan tujuan penelitian (10%).
    • Kajian Literatur mencakup kajian teori dan hasil penelitian terdahulu yang relevan (15%).
    • Metodologi yang berisi rancangan/model, sampel dan data, tempat dan waktu, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data (10%).
    • Hasil dan Pembahasan (50%).
    • Simpulan dan Saran (15%).
    • Pustaka Acuan.
    • (Sistematika/struktur ini hanya sebagai pedoman umum. Penulis dapat mengembangkannya sendiri asalkan sepadan dengan pedoman ini).
  4. Artikel pemikiran/gagasan dan atau reviu teori memuat judul, nama penulis, abstrak, kata kunci, dan isi. Isi artikel mempunyai struktur dan sistematika serta persentasenya dari jumlah halaman sebagai berikut.
    • Pendahuluan meliputi latar belakang, perumusan masalah dan tujuan penulisan (10%)
    • Kajian literatur dan pembahasan serta pengembangan teori/konsep (70%).
    • Simpulan dan saran (20%)
    • Pustaka Acuan
    • (Sistematika/struktur ini hanya sebagai pedoman umum. Penulis dapat mengembangkannya 4 sendiri asalkan sepadan).
  5. Artikel resensi buku selain menginformasikan bagian-bagian penting dari buku yang diresensi juga menunjukkan bahasan secara mendalam kelebihan dan kelemahan buku tersebut serta membandingkan teori/konsep yang ada dalam buku tersebut dengan teori/konsep dari sumber-sumber lain.
  6. Khusus naskah hasil penelitian yang disponsori oleh pihak tertentu harus ada pernyataan (acknowledgement) yang berisi informasi sponsor yang mendanai dan ucapan terima kasih kepada sponsor tersebut.
  7. 80% atau lebih Pustaka yang diacu hendaknya bersumber dari hasil-hasil penelitian, gagasan, teori/konsep) yang telah diterbitkan di jurnal (komposisi sumber acuan dari hasil penelitian lebih banyak daripada sumber yang diacu dari buku teks). Hasil penelitian paling lama 10 tahun terakhir, kecuali Pustaka Acuan yang klasik (tua) yang memang dimanfaatkan sebagai bahan kajian historis. Penulisan pustaka acuan yang bersumber dari internet, agar ditulis secara berurutan sebagai berikut: penulis, judul, alamat web, dan tanggal unduh (download)

    Pustaka Acuan disajikan mengikuti tata cara seperti contoh berikut dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.

    acuan pustaka

  8. Naskah diketik dengan memperhatikan aturan tentang penggunaan tanda baca dan ejaan yang dimuat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (terbaru).
  9. Pengiriman naskah disertai dengan alamat, nomor telepon, fax atau E-mail (bila ada). Pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis. Naskah yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis. Kepada penulis diberikan 2 eksemplar jurnal sebagai tanda bukti pemuatan.

Mari berpartisipasi dalam penulisan artikel pada Jurnal Pendidikandan Kebudayaan tersebut dengan mengirimkan naskah kepada kami berupa hasil penelitian, pemikiran, reviu teori/konsep/metodologi, dan informasi lain yang berkaitan dengan permasalahan pendidikan. Ketentuan penulisan selengkapnya terlampir. Naskah mohon dikirim ke :

Sekretariat Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Subbag Kerja Sama, Bagian Hukum dan Kepegawaian .
Sekretariat Balitbang Kemdikbud
Gedung E, Lantai 2
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan -Jakarta
Telp/Fax :021 57900406
'e-mail : jurnaldikbud@yahoo.com

Download pedoman penulisan klik disini

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Cara Menulis Pada Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, antara lain :
Bila Artikel Cara Menulis Pada Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Cara Menulis Pada Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



2 komentar:

Admin mengatakan...Jawab

Petunjuk penulisan jurnal pendidikan dan kebudayaan ini sangat membantu dalam menulis artikel yang sesuai dengan persyaratan untuk dapat dimuat pada jurnal pendidikan. Maju terus jurnal pendidikan dan kebudayaan, semoga tetap jaya Indonesia ku

Unknown mengatakan...Jawab

apakah artikelnya bisa dikirim langsung ke email saja, dan langsung mendapat
pengesahan yang berguna bagi kami baik untuk uji kemampuan PKB


Posting Komentar

Artikel Favorit