Merekam Suara Dengan Software Cool Edit Pro | Media Pendidikan

Rabu, 26 Oktober 2011

Merekam Suara Dengan Software Cool Edit Pro

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Merekam Suara Dengan Cool Edit Pro
    Cool Edit Pro 2.0 adalah salah satu dari berbagai software aplikasi pengolah audio, karena ada banyak software lain diantaranya Sonic Foundry Vegas, SoundForce, Nuendo, dan lain-lain. Setelah program Cool Edit Pro 2.0 ini dibuka akan muncul penampang atau jendela kerja dari program ini. Program Cool Edit Pro 2.0  mempunyai dua macam tampilan penampang atau jendela kerja saling berkaitan, satu sama lain dapat saling mengakses. Dua jendela atau penampang kerja tersebut adalah:
  1. Edit View Screen (penampang singlewave/singletrack)
  2. Multitrack View Screen (penampang multitrack )

    Cool Edit Pro’s Edit View Srceen
    Edit view merupakan salah satu penampang jendela kerja dari Cool Edit Pro 2.0. Penampang inilah yang digunakan sebagai tempat untuk melakukan semua kegiatan editing terhadap sebuah gelombang tunggal (single waveform) yang akan memberi dampak permanent pada file gelombang tunggal tersebut. Pada penampang ini juga dapat digunakan untuk record dan play. Bentuk tampilan dari Edit View screen dapat dilihat pada gambar berikut.
Gambar 3.5 Tampilan Cool Edit Pro’ Edit View Screen

Fungsi secara umum bagian-bagian yang ada pada Cool Edit Pro’s Edit View Screen adalah:
  1. Menu Bar, berisi menu-menu utama dari Cool Edit Pro 2.0.
  2. Toolbars, merupakan kumpulan tombol fungsi kerja dari menu yang dapat diakses untuk mempercepat kerja. Sebagian fungsi kerja dari menu yang sering dipakai dalam suatu kerja telah ditampilkan pada toolbars ini, seperti fungsi delete, cut, save, new file, undo, open, dan lain-lain.
  3. Horizontal Portion Bar, terletak diatas tampilan gelombang dan berfungsi untuk menggulung gelombang dari depan ke belakang begitu pula sebaliknya, dengan jalan klik kiri dan tahan pada horizontal portion bar. Dapat pula digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan gelombang, dengan cara klik kanan pada horizontal portion bar.
  4. Vertical Ruler, terletak di ujung kanan tampilan gelombang, menunjukkan besar amplitudo dari gelombang pada setiap satuan waktu. Dengan klik dua kali pada vertical ruler ini akan merubah format tampilan secara otomatis.  
  5. Horizontal Ruler, terletak di bawah sepanjang tampilan gelombang dan berfungsi sebagai garis waktu. Dengan klik kiri dan tahan, dapat berfungsi untuk menggulung ke depan maupun belakang. Dengan klik kanan dan tahan akan berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil gelombang secara horisontal.
  6. Time Display, untuk menunjukan durasi waktu pada saat proses recording maupun playing suatu gelombang tunggal.
  7. Organizer Window, merupakan jendela pegangan yang memudahkan dalam pemilihan file maupun efek yang akan dibuka maupun ditutup. Untuk menampilkan maupun menutup Organizer Window dapat dilakukan dengan cara memilih menu View>Show Organizer Window, atau tekan Alt+9.
  8. Selection /View controls, menunjukan titik awal sampai  akhir dan panjang waktu pemilihan serta panjang waktu total suatu gelombang.
  9. Transport Botton, berfungsi sebagai pusat kontrol beberapa fungsi seperti play, stop, record, dan lain-lain.
  10. Zoom Bottons, digunakan untuk memperbesar atau memperkecil gelombang  baik secara horisontal maupun vertikal.    
  11. Level Meter, merupakan monitor volume atau amplitudo sinyal gelombang  masuk dan keluar. Untuk menampilkan level meter  pilih menu View>Show Level Meters, atau tekan Alt+7. Untuk mengaktifkannya pilih menu Option>Shows Level on Play and Record.    
  12. Status Bar, menampilkan variasi dari informasi yang berhubungan dengan file properties, free resources, dan waktu.

Multitrack View Screen
Pada dasarnya tampilan multitrack view screen terdiri bagian-bagian yang mempunyai fungsi relatif sama seperti pada penampang edit view screen. Perbedaan yang mendasar adalah pada tampilan gelombang (Wave Display) pada Multitrack berupa banyak track (disebut session), sedangkan pada Edit View hanya satu serta pada tampilan multitrack screen mempunyai kotak Track Control.

Tampilan penampang Multitrack dapat digunakan untuk record dan play. Penampang kerja ini juga dapat digunakan untuk editing, akan tetapi sebatas memotong dan menghapus file. Proses edit inipun tidak bersifat tetap. Hal ini karena secara prinsip penampang kerja Multitrack digunakan untuk melakukan proses mixing. File yang disimpan dalam penampang kerja multitrack dalam bentuk session (.ses*). Bentuk tampilan Multitrack View Screen dapat dilihat pada gambar berikut
.
Tampilan Multitrack View Screen

Fungsi secara umum bagian-bagian yang ada pada Cool Edit Pro’s Multitrack View Screen adalah:
  1. Menu Bar, berisi menu-menu utama dari Cool Edit Pro 2.0.
  2. Toolbars, merupakan kumpulan tombol fungsi kerja dari menu yang dapat diakses untuk mempercepat kerja. Sebagian fungsi kerja dari menu yang sering dipakai dalam suatu kerja telah ditampilkan pada toolbars ini, seperti fungsi delete, cut, save, new file, undo, group, mixdown, dan lain-lain.
  3. Horizontal Portion Bar, terletak diatas tampilan session dan berfungsi untuk menggulung session dari depan ke belakang begitu pula sebaliknya, dengan jalan klik kiri dan tahan pada horizontal portion bar. Dapat pula digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan session, dengan cara klik kanan pada horizontal portion bar.
  4. Vertical Ruler, terletak di ujung kanan tampilan session, dengan klik kiri dan tahan, berfungsi untuk menggulung track session. Dengan klik kanan pada vertical ruler berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan track pada session.  
  5. Horizontal Ruler, terletak di bawah sepanjang tampilan session dan berfungsi sebagai garis waktu dari session. Dengan klik kiri dan tahan, dapat berfungsi untuk menggulung ke depan maupun belakang tampilan session. Dengan klik kanan dan tahan akan berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil session secara horisontal.
  6. Time Display, untuk menunjukan durasi waktu pada saat proses recording maupun playing suatu track atau session.
  7. Organizer Window, merupakan jendela peganghan yang memudahkan dalam pemilihan file maupun efek yang akan dibuka maupun ditutup. Untuk menampilkan maupun menutup Organizer Window dapat dilakukan dengan cara memilih menu View>Show Organizer Window, atau dengan menekan Alt+9.
  8. Selection /View controls, menunjukan titik awal sampai  akhir dan panjang waktu pemilihan serta panjang waktu total suatu session.
  9. Transport Botton, berfungsi sebagai pusat kontrol beberapa fungsi seperti play, stop, record, dan lain-lain.
  10. Zoom Bottons, digunakan untuk memperbesar atau memperkecil track session  baik secara horisontal maupun vertikal.    
  11. Level Meter, merupakan monitor volume atau amplitudo sinyal gelombang  masuk dan keluar. Untuk menampilkan level meter  pilih menu View>Show Level Meters, atau tekan Alt+7. Untuk mengaktifkannya pilih menu Option>Shows Level on Play and Record.    
  12. Status Bar, menampilakan variasi dari informasi yang berhubungan dengan file properties, free resources, dan waktu.
  13. Track Control, tertetak di sebelah kiri tampilan session, berfungsi untuk mengatur setiap track. Jendela Track Control ini mempunyai tiga menu pengatutran utama yaitu volume, equlisasi, dan bus property.
Keterangan:
    • Track Name, untuk memberi nama pada track, terutama jika bekerja dengan menggunakan banyak track. Caranya klik pada kotak kemudian ketik nama track yang diinginkan.
    • Track Pan, untuk mengatur keseimbangan antara volume kanan dan kiri gelombang pada format kanal stereo dalam track.
    • Track Volume, sebagai master kontrol volume suatu track.
    • Record Track, sebagai fungsi tombol record dari track.
    • Solo Track, untuk mengaktifkan salah satu yang diinginkan.
    • Mute track, untuk menon-aktifkan salah satu track yang diinginkan.

Meskipun Cool Edit Pro 2.0 mempunyai dua tampilan penampang atau jendela kerja akan tetapi keduanya tetap saling berkaitan. Multitrack view dan edit view screen mempunyai tombol yang berfungsi untuk berpindah tampilan dari tampilan multitrack ke tampilan edit dan sebaliknya.
Meskipun Cool Edit Pro 2.0 mempunyai dua tampilan penampang atau jendela kerja akan tetapi keduanya tetap saling berkaitan. Multitrack view dan edit view screen mempunyai tombol yang berfungsi untuk berpindah tampilan dari tampilan multitrack ke tampilan edit dan sebaliknya.



                    (a)                                                  (b)
            `        (a). tombol pindah dari multitrack screen ke edit screen
                         (b). tombol pindah dari edit screen ke multitrack screen


Silahkan Mencoba Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Merekam Suara Dengan Software Cool Edit Pro, antara lain :
Bila Artikel Merekam Suara Dengan Software Cool Edit Pro dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Merekam Suara Dengan Software Cool Edit Pro ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit