PENJELASAN TENTANG GRAPHICAL USER INTERFACE ( GUI ) | Media Pendidikan

Sabtu, 22 Oktober 2011

PENJELASAN TENTANG GRAPHICAL USER INTERFACE ( GUI )

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia PENJELASAN TENTANG GRAPHICAL USER INTERFACE ( GUI ).
Tidak ada multimedia interaktif tanpa GUI. GUI merupakan suatu komponen penting di dalam aplikasi komputer modern. GUI merupakan suatu perantara atau antar muka (interface) berbentuk grafis antara pengguna dengan komputer. GUI selain berfungsi untuk memudahkan pengguna ketika menggunakan aplikasi juga berfungsi untuk menambah nilai estetika suatu aplikasi. Hampir semua aplikasi komputer modern berbasis window# selalu memanfaatkan GUI. Aplikasi multimedia pembelajaran yang banyak menyertakan interaktivitas tentu saja banyak menggunakan GUI.

GUI memiliki banyak komponen seperti: button, radio button, check button, combo box, menu, tabbed panel, tree, dan sebagainya. Komponen-komponen ini sering disebut juga sebagai widget#. Sekarang mari kita lihat komponen-komponen tersebut berikut fungsinya :



No
Nama widget
Tampilan
Fungsi
1ButtonMenjalankan suatu aksi. Karena itu teks pada button biasanya berisi kata perintah (kata kerja) seperti “Enter”, “Exit”, “Reset”, dsb
2Radio Button*Memilih hanya satu pilihan diantara 2 atau lebih pilihan.

Jumlah pilihan pada radio button umumnya 3 atau 4 pilihan saja. Jika jumlah pilihan lebih dari 4 maka combo box merupakan widget yang lebih tepat digunakan.
3Check Button*
Memilih satu atau lebih diantara  banyak pilihan (terdiri dari 2 atau lebih pilihan).

Pemanfaatan check button memungkinkan untuk memilih semua pilihan.



4Combo Box*Memilih salah satu diantara beberapa pilihan di mana jumlah pilihan cukup banyak sehingga tidak efisien bila diberikan dalam bentuk radio button.
5MenuIsi dari suatu aplikasi bisa ditampilkan dengan bantuan ikon, namun adakalanya isi terlalu banyak sehingga lebih efisien bila ditampilkan dengan bantuan menu. Umumnya letak menu ada pada bagian kiri atas dari suatu tampilan.
6Toolbar

Toolbar sebenarnya berfungsi sebagai pelengkap dari menu. Isi dari suatu menu mungkin saja banyak akan tetapi tidak semuanya diperlukan setiap saat oleh pengguna. Untuk memudahkan pengguna mengakses menu-menu yang sering digunakan maka disediakan suatu toolbar yang umumnya memiliki suatu simbol yang melambangkan fungsi dari menu yang diwakilinya. Simbol ini sering kali disebut sebagai metafor.
7Tabbed Panel*
Adakalanya suatu menu memiliki sub-submenu yang saling berkaitan. Salah satu cara yang baik untuk menampilkan sub-submenu tersebut adalah dengan bantuan suatu tabbed panel. Disebut tabbed panel karena untuk mengaksesnya dapat digunakan tombol TAB
8Tree*Mungkin saja isi suatu aplikasi sangat banyak sehingga tak dapat ditampilkan oleh  menu dengan efisien. Cara menampilkan isi semacam ini adalah dengan bantuan tree. Ensiklopedia adalah salah satu program yang banyak memanfaatkan tree.


Berbagai widget dan fungsinya

Semoga bermanfaat untuk anda yang akan membuat media pembelajaran interaktif

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel PENJELASAN TENTANG GRAPHICAL USER INTERFACE ( GUI ), antara lain :
Bila Artikel PENJELASAN TENTANG GRAPHICAL USER INTERFACE ( GUI ) dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan PENJELASAN TENTANG GRAPHICAL USER INTERFACE ( GUI ) ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit