Aktivitas Guru dalam Melaksanakan Kurikulum | Media Pendidikan

Jumat, 18 Mei 2012

Aktivitas Guru dalam Melaksanakan Kurikulum

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Melaksanakan kurikulum adalah merupakan kegiatan inti dari pro­ses perencanaan, karena tidak akan mempunyai makna apa-apa jika ren­cana tersebut tidak dapat direncanakan. Melaksanakan kurikulum yang dimaksudkan dalam studi ini guru mampu mengimpletasikannya dalam proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar pada dasarnya dapat berlangsung di dalam dan di luar sekolah dan di dalam jam pelajaran atau di luar jam pelajaran yang telah dijadwalkan. blogger guru

Dalam melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar, seyogyanya seorang guru memahami langkah-langkah yang harus ditempuh. Apapun langkah-langkah yang harus ditempuh dalam proses belajar mengajar me­liputi: tahap permulaan, tahap pengajaran dan tahap penilaian serta tindak lanjut (Sudjana, 1989: 68).

Tahap permulaan adalah tahap untuk mengkon­disikan siswa agar dapat mengikuti pelajaran secara kondusif, sedangkan tahap pengajaran adalah tahap inti, saat guru berupaya menyampaikan ma­teri pelajaran yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dalam tahap ini, peng­gunaan metode mengajar akan berpengaruh pada pendekatan yang akan dilakukan oleh seorang guru.

Referensi

  • Sujana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.
Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Aktivitas Guru dalam Melaksanakan Kurikulum, antara lain :
Bila Artikel Aktivitas Guru dalam Melaksanakan Kurikulum dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Aktivitas Guru dalam Melaksanakan Kurikulum ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit