Keterampilan Membimbing Diskusi Siswa | Media Pendidikan

Kamis, 10 Mei 2012

Keterampilan Membimbing Diskusi Siswa

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Diskusi kelompok adalah suatu proses yang teratur yang melibatkan se­kelompok siswa dalam interaksi tatap muka yang informal dengan berbagai pengalaman atau informasi, pengambilan kesimpulan dan pemacahan masa­lah. Siswa berdiskusi dalam kelompok-kelompok kecil di bawah bimbingan guru atau temannya untuk berbagi informasi, pemecahan masalah atau pe­ngambilan keputusan. diskusi siswa

Komponen-komponen yang perlu dikuasi guru dalam membimbing dis­kusi kelompok yaitu:

  1. Memusatkan perhatian siswa pada tujuan dan topik diskusi, dengan cara kakan masalah-masalah khusus, catat perubahan atau penyimpangan diskusi dari tujuan dan merangkum hasil diskusi.
  2. Memperjelas masalah, untuk menghindari kesalahpahaman dalam memimpin diskusi seorang guru perlu memperjelas atau menguraikan permasalahan, meminta komentar siswa, dan menguraikan gagasan siswa dengan  memberikan informasi tambahan agar kelompok peserta diskusi memper  oleh pengertian yang lebih jelas.
  3. Menganalisis pandangan siswa. Adanya perbedaan pendapat dalam diskusi, menuntut seorang guru harus mampu menganalisis dengan cara memperjelas hal-hal yang disepakati dan hal-hal yang perlu disepakati di samping meneliti apakah suatu alasan mempunyai dasar yang kuat.
  4. Meningkatkan urunan siswa, yaitu mengajukan pertanyaan-pertanyaan
    yang menantang, memberikan contoh dengan tepat, dan memberikan
    waktu untuk berpikir dan memberikan urun pendapat siswa dengan penuh perhatian.
  5. Memberikan kesempatan untuk berpartisipasi, dilakukan dengan cara 
    memancing pertanyaan siswa yang enggan berpartisipasi, memberikan
    kesempatan pada siswa yang belum bertanya (diam) terlebih dahulu, mencegah monopoli pembicaraan, dan mendorong siswa untuk berkomentar terhadap pertanyaan temannya.
  6. Menutup diskusi, yaitu membuat rangkuman hasil diskusi, menindaklan
    juti hasil diskusi dan mengajak siswa untuk menilai proses maupun hasil 
    diskusi.
  7. Hal-hal yang perlu dihindari yaitu mendominasi/monopoli pembicaraan
    dalam diskusi, membiarkan terjadinya penyimpangan dalam diskusi.
Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Keterampilan Membimbing Diskusi Siswa, antara lain :
Bila Artikel Keterampilan Membimbing Diskusi Siswa dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Keterampilan Membimbing Diskusi Siswa ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit