Dalam pelaksanaannya, PTK diawali dengan kesadaran akan adanya permasalahan yang dirasakan mengganggu, yang dianggap menghalangi pencapaian tujuan pendidikan sehingga ditengarai telah berdampak kurang baik terhadap proses dan atau hasil belajar pserta didik, dan atau implementasi sesuatu program sekolah. Bertolak dari kesadaran mengenai adanya permasalahan tersebut, yang besar kemungkian masih tergambarkan secara kabur, guru kemudian menetapkan fokus permasalahan secara lebih tajam kalau perlu dengan mengumpulkan tambahan data lapangan secara lebih sistematis dan atau melakukan kajian pustaka yang relevan.
Tujuan PTK sebagai berikut :
- Memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran yang dilaksanakan guru demi tercapainya tujuan pembelajaran.
- Memperbaiki dan meningkatkan kinerja-kinerja pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.
- Mengidentifikasi, menemukan solusi, dan mengatasi masalah pembelajaran di kelas agar pembelajaran bermutu.
- Meningkatkan dan memperkuat kemampuan guru dalam memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan membuat keputusan yang tepat bagi siswa dan kelas yang diajarnya.
- Mengeksplorasi dan membuahkan kreasi-kreasi dan inovasi-inovasi pembelajaran (misalnya, pendekatan, metode, strategi, dan media) yang dapat dilakukan oleh guru demi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran.
- Mencobakan gagasan, pikiran, kiat, cara, dan strategi baru dalam pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran selain kemampuan inovatif guru.
- Mengeksplorasi pembelajaran yang selalu berwawasan atau berbasis penelitian agar pembelajaran dapat bertumpu pada realitas empiris kelas, bukan semata-mata bertumpu pada kesan umum atau asumsi.
- Memecahkan masalah-masalah melalui penerapan langsung di kelas atau tempat kerja (Isaac, 1994:27).
- Menemukan pemecahan masalah yang dihadapi sesorang dalam tugasnya sehari-hari dimana pun tempatnya, di kelas, di kantor, di rumah sakit, dan seterusnya.
Referensi :
- Isaac, Stephen and William B. Michael. Handbook in Reasearch and Evaluation: For Education and the Behavioral Sciences. Third edition. San Diego, CA: EdiTS, 1994
- PTK-PELAKSANAAN MODEL QUCHING BERKELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI STATIKA PADA PESERTA DIDIK
- desain dan jenis data penelitian tindakan kelas (PTK)
- PEMANFATAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PEMASANGAN BATA SISWA KELAS X TKB 1 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 SRAGEN SEMESTER GENAP TAHUN 2011/2012
- USAHA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN MELALUI MEDIA PERPUSTAKAAN DAN DISKUSI KELOMPOK DI TINGKAT III PROGRAM TPTL 1 SEMESTER GASAL SMK NEGERI 2 SRAGEN
- Desain PTK Model Kurt Lewin
- Prosedur Pelaksanaan PTK penelitian Tindakan kelas
- PEMBELAJARAN CARA A.M.P.U.H UNTUK MEREBUT HATI MURID. Oleh Irmina titik Purwanti SMK Negeri 2 Sragen
- PELAKSANAAN MODEL OUANTUM TEACHING DENGAN GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN KOMPETENSI MEKANIKATEKNIK PADA PESERTA DIDIK KELAS X TKK 1 SMK NEGERI 2 SRAGEN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
- Tujuan PTK Penelitian tindakan kelas
- Tujuan dan Manfaat PKB bagi guru

0 komentar:
Posting Komentar