Dinamika manajemen Kelas Dalam Pembelajaran | Media Pendidikan

Kamis, 24 Mei 2012

Dinamika manajemen Kelas Dalam Pembelajaran

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Kelas adalah kelompok sosial yang dinamis yang harus dipergunakan oleh setiap wali/guru kelas untuk kepentingan murid dalam kependidikannya. Dinamika kelas pada dasarnya berarti kondisi kelas. Yang meliputi dorongan untuk aktif secara terarah yang dikembangkan melalui kreatifitas dan inisiatif murid sebagai suatu kelompok.

kelas yang baik

Dinamika kelas dipengaruhi oleh cara wali/guru kelas menerapkan administrasi pendidikan dan kepemimpinan pendidikan serta dalam mempergunakan pendekatan pengelolaan kelas, penerapan kegiatan itu antara lain sebagai berikut.

  1. Kegiatan administratif management

Pengelolaan kelas memerlukan tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, komunikasi dan kontrol sebagai langkah-langkah kegiatan management admnistratif.

 

  1. Kegiatan Operatif management kelas

Kegiatan management administratif kelas harus ditunjang dengan kegiatan management operatif agar seluruh program kelas berlangsung efektif bagi pencapaian tujuan. Kegiatan management operatif kelas meliputi

a. Tata usaha kelas

b. Kegiatan Pembekalan kelas

c. Kegiatan keuangan kelas

d. Kegiatan pembinaan personal atau kepegawaian dikelas.

e. Humas dilingkungannya kelas

 

  1. Kepemimpinan wali/guru kelas

Dinamika kelas dipengaruhi secara langsung oleh kepemimpinan wali atau guru kelas, untuk itu kepemimpinan diartikan sebagai proses mengarahkan, membimbing, mempengaruhi, atau mengawasi pikiran, perasaan atau tindakan dan tingkah laku orang lain.

Tiga bentuk kepemimpinan mungkin diwujudkan wali/guru kelas dalam usaha menggerakkan personal di lingkungan kelas masing-masing adalah:

a. Wali atau guru kelas sebagai pemimpin yang bersifat otoriter

b. Wali atau guru kelas sebagai pemimpin yang bersifat laissez faire.

c. Wali atau guru kelas sebagai pemimpin yang bersifat demokratif

 

  1. Disiplin kelas

Disiplin kelas merupakan bagian yang penting dalam dinamika kelas, disiplin kelas diartikan sebagai usaha mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan yang telah disetujui bersama dalam melaksanakan kegiatan kelas, agar pemberian hukuman pada seorang atau sekelompok orang dapat dihindari.

Disiplin kelas dapat diartikan juga sebagai suasana tertib dan terpaut akan tetapi penuh dinamika dalam melaksanakan program kelas terutama dalam mewujudkan proses belajar mengajar.

 

  1. Beberapa pendekatan dalam pengelolaan kelas

Seorang wali atau guru kelas harus mampu menetapkan pilihan yang tepat dalam melakukan pendekatan untuk mewujudkan pengelolaan kelas yang efektif. Untuk memperjelas masalah pendekatan yang akan dipergunakan itu, di bawah ini akan diketengahkan beberapa alternatif yang dapat dipilih diantaranya:

    1. Pendekatan berdasarkan perubahan tingkah laku (behaviorisme)
    2. Pendekatan berdasarkan suasana emosi dan hubungan sosial (sosio emosional climate approach)
    3. Pendekatan berdasarkan proses kelompok (group process approach)
    4. Pendekatan electis (electic approach)
Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Dinamika manajemen Kelas Dalam Pembelajaran, antara lain :
Bila Artikel Dinamika manajemen Kelas Dalam Pembelajaran dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Dinamika manajemen Kelas Dalam Pembelajaran ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



1 komentar:

Anonim mengatakan...Jawab

terimakasih pak atas wawasan tentang Dinamika manajemen Kelas Dalam Pembelajaran diatas


Posting Komentar

Artikel Favorit