Aktivitas Guru dalam Menilai Kurikulum | Media Pendidikan

Minggu, 20 Mei 2012

Aktivitas Guru dalam Menilai Kurikulum

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Guru melakukan penilaian kurikulum untuk mengetahui kelebih­an dan kelemahan kurikulum yang digunakan, sehingga diharapkan dapat ditindaklanjuti menuju per­baikan di masa yang akan datang. Penilaian kurikulum bukanlah suatu pe­kerjaan yang mudah, hal ini didasarkan pada banyaknya aspek yang harus dinilai dan banyaknya pihak yang terkait dalam penilaian. Bahkan ada se­mentara kalangan mengatakan bahwa jika ingin melakukan penilaian ter­hadap kurikulum maka yang pertama harus memahami terlebihdahulu mak­na dari penilaian itu sendiri .

kurikulum sekolah

Guru sebagai pengembang kurikulum di sekolah harus senantiasa melakukan evaluasi atau penilaian kurikulum secara kontinyu dan kompre­henship. Penilaian terhadap kurikulum sesungguhnya sangat luas, oleh karena itu untuk dapat melakukan penilaian secara akurat terlebih dahulu harus dipahami pengertian kurikulum yang dianutnya, sebab penilaian terhadap kurikulum berarti menyangkut kurikulum sebagai ide, kuriku­lum sebagai rencana, kurikulum sebagai hasil, kurikulum sebagai proses, dan kurikulum sebagai hasil dan lain sebagainya. Berkenaan dengan kemampuan guru sebagai pengembang kurikulum di sekolah, mka sangatlah relevan uraian-uraian yang dikemukakan di atas.

Dikatakan demikian, karena dalam melaksanakan tugasnya seorang guru dituntut mampu melaksakan aktivitasnya mulai dari merencanakan kuri­kulum, melaksanakan kurikulum, dan mampu menilai kurikulum tersebut, sehingga guru dituntut mampu mengaktualisasikan dirinya dengan seopti­mal mungkin.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Aktivitas Guru dalam Menilai Kurikulum, antara lain :
Bila Artikel Aktivitas Guru dalam Menilai Kurikulum dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Aktivitas Guru dalam Menilai Kurikulum ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



2 komentar:

akmaludin mengatakan...Jawab

ayo bergabung diblog ini

Admin mengatakan...Jawab

sangat bermanfaat


Posting Komentar

Artikel Favorit