Olimpiade Sains Nasional untuk Guru Smp (Osn Guru SMP) | Media Pendidikan

Kamis, 03 Mei 2012

Olimpiade Sains Nasional untuk Guru Smp (Osn Guru SMP)

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Pedoman Cakupan Materi Olimpiade Sains Nasional Untuk Guru SMP

Olimpiade Sains Nasional Untuk Guru SMP

No.

Kompetensi

Cakupan Materi Penilaian

1.

Pedagogik

a. Pemahaman peserta didik secara mendalam: prinsip-prinsip perkembangan kognitif peserta didik, prinsip-prinsip kepribadian peserta didik, dan bekal ajar awal peserta didik.

b. Perancangan pembelajaran, termasuk pemahaman landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran: landasan kependidikan, teori belajar dan pembelajaran, strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar, serta rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.

c. Pelaksanaan pembelajaran : penataan latar (setting) pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang kondusif.

d. Perancangan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran: evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode, analisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery learning), dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.

e. Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya: pengembangan berbagai potensi akademik dan nonakademik peserta didik.

2.

Profesional/Akademik Bidang Matematika

a. Bilangan: Sifat-sifat operasi hitung bilangan, sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar, barisan dan deret bilangan serta penerapannya dalam pemecahan masalah.

b. Aljabar: Bentuk aljabar, relasi, fungsi, persamaan garis lurus, sistem persamaan dan pertidaksamaan linear, perbandingan, aritmetika sosial, konsep himpunan, operasi himpunan, diagram Venn serta

penerapannya dalam pemecahan masalah.

3.

Profesional/Akademik Bidang Fisika

a. Pengukuran : besaran , satuan, dimensi, dasar-dasar pengukuran, dan ketidakpastian.

b. Mekanika : benda titik, benda tegar, kekekalan energi, dan fluida.

c. Termodinamika : suhu dan kalor, gas ideal

d. Gelombang dan Optika : getaran, gelombang, bunyi, optika dan alat-alat optik.

e. Kelistrikan dan kemagnetan : elektrostatika, elektrodinamika, medan magnetik dan gaya gerak listrik induksi.

Baca juga Pedoman Cakupan Materi Olimpiade Sains Nasional Untuk Guru SMA

Sumber : http://pusbangprodik.org

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Olimpiade Sains Nasional untuk Guru Smp (Osn Guru SMP), antara lain :
Bila Artikel Olimpiade Sains Nasional untuk Guru Smp (Osn Guru SMP) dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Olimpiade Sains Nasional untuk Guru Smp (Osn Guru SMP) ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit