Hakikat Belajar | Media Pendidikan

Kamis, 30 Mei 2013

Hakikat Belajar

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Pada dasarnya, belajar adalah masalah setiap orang. Dengan belajar maka pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, nilai, sikap, tingkah laku, dan semua perbuatan manusia terbentuk, disesuaikan dan dikembangkan. Oleh karena itu, banyak ahli yang mencoba memberikan definisi tentang belajar. Proses belajar sebagai suatu proses berubahnya bentuk tingkah laku tertentu yang secara relatif permanen, perubahan tingkah laku tersebut hendaknya bukan disebabkan oleh proses pertumbuhan fisik dan juga bukan karena perubahan kondisi fisik yang temporer sifatnya. image

Atas dasar definisi di atas dapat diambil kesimpulan bahwa belajar selalu melibatkan tiga hal pokok, yaitu; adanya perubahan tingkah laku, sifat perubahannya relatif permanen, serta perubahan tersebut disebabkan oleh interaksi dengan lingkungan, bukan oleh proses kedewasaan ataupun perubahan-perubahan kondisi fisik yang temporer sifatnya.

Oleh karena itu, pada prinsipnya belajar adalah proses perubahan tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara siswa dengan sumber-sumber belajar, baik sumber yang didesain maupun yang dimanfaatkan. Proses belajar tidak hanya terjadi karena adanya interaksi antara siswa dan guru. Hasil belajar yang maksimal dapat pula diperoleh lewat interaksi antara siswa dengan sumber-sumber belajar lainnya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Hakikat Belajar, antara lain :
Bila Artikel Hakikat Belajar dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Hakikat Belajar ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit