STRUKTUR KURIKULUM 2013 SMA/MA | Media Pendidikan

Kamis, 30 Mei 2013

STRUKTUR KURIKULUM 2013 SMA/MA

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Struktur kurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran, posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, distribusi konten/mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban belajar untuk mata pelajaran dan beban belajar per minggu untuk setiap peserta didik. Struktur kurikulum adalah juga merupakan aplikasi konsep pengorganisasian konten dalam sistem belajar dan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran. Pengorganisasian konten dalam sistem belajar yang digunakan adalah sistem semester sedangkan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran berdasarkan jam pelajaran per semester. image

Struktur kurikulum juga gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang siswa dalam menyelesaikan pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan. Lebih lanjut, struktur kurikulum menggambarkan posisi belajar seorang siswa yaitu apakah mereka harus menyelesaikan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada peserta untuk menentukan berbagai pilihan.

Struktur kurikulum SMA/MA terdiri atas:

- Kelompok mata pelajaran wajib yang diikuti oleh seluruh peserta didik

- Kelompok mata pelajaran peminatan yang diikuti oleh peserta didik sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.

- Untuk MA dapat menambah dengan mata pelajaran kelompok peminatan keagamaan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel STRUKTUR KURIKULUM 2013 SMA/MA, antara lain :
Bila Artikel STRUKTUR KURIKULUM 2013 SMA/MA dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan STRUKTUR KURIKULUM 2013 SMA/MA ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



2 komentar:

Unknown mengatakan...Jawab

Untuk struktur kurikulum 2013 SMK masing-masing program keahlian silahkan di lihat disini

Unknown mengatakan...Jawab

Buku Pelajaran Kurikulum 2013 Download Gratis Buku Kurikulum 2013 SD SMP SMA SMK


Posting Komentar

Artikel Favorit