Metode Mengajar Pendidikan Agama Islam | Media Pendidikan

Senin, 27 Mei 2013

Metode Mengajar Pendidikan Agama Islam

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Metode mengajar terdiri dari dua kata yaitu : “metode dan mengajar“. Metode berarti cara atau jalan yang dilalui untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan mengajar berarti menyajikan atau menyampaikan. image

Metode mengajar adalah suatu cara yang harus di lalui untuk menyajikan bahan pengajaran. Pendapat lain mengatakan bahwa metode mengajar adalah cara yang paling tepat dan cepat di gunakan dalam suatu pengajaran.

Berdasarkan kedua pendapat tersebut, maka yang dimaksud dengan metode mengajar adalah cara yang dilakukan oleh guru atau pendidikan dalam memebrikan materi atau bahan pelajaran kepada siswa dalam suatu proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Sedangkan definisi tentang pendidikan agama Islam adalah usaha belajar dan sistematis dalam membantu anak didik agar mereka hidup sesuai dengan ajaran agama Islam agar kelak menjadi manusia muslim, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur dan berkepribadian yang utuh dan secara langsung memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan.

Pengertian agama Islam di atas, menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam adala merupakan tanggung jawab orang dewasa yang memiliki ilmu pengetahuan, kecakapan, juga ketrampilan untuk di ajarkan atau disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan bimbingan dan binaan yaitu generasi muda yang memiliki kepribadian muslim sesuai dengan yang di harapkan.

Apabila di hubungkan dengan definisi pendidikan agama Islam, maka di peroleh pengertian bahwa “ metode pengajaran pendidikan agama Islam adalah suatu cara yang telah direncanakan dan disusun secara sistematis dalam memberikan atau menyampaikan materi atau bahan pelajaran kepada peserta didik agar mereka hidup sesuai dengan tuntutan agama Islam, berkepribadian utuh dan dapat memahami, menghayati serta mengamalkan Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Metode Mengajar Pendidikan Agama Islam, antara lain :
Bila Artikel Metode Mengajar Pendidikan Agama Islam dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Metode Mengajar Pendidikan Agama Islam ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit