Pembelajaran Metode Ceramah | Media Pendidikan

Selasa, 28 Mei 2013

Pembelajaran Metode Ceramah

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Yang di maksud dengan ceramah ialah penerangan dan penuturan secara lisan oleh guru di depan siswa di muka kelas. Metode Ceramah baik penggunannya :

  1. Apabila guru menyampaikan fakta kepada siswa yang besar jumlahnya sehingga metode lain tidak mungkin di pergunakan. Apabila guru menyampaikan fakta (kenyataan) atau pendapat di mana tidak terdapat bahan bacaan yang meragukan fakta atau pendapat yang di maksud.
  2. Apabila guru adalah pembicara yang bersemangat dan akan memotivasi siswa untuk melakukan segala sesuatu pekerjaan.
  3. Apabila guru akan menyimpulkan pokok yang penting yang telah di pelajari oleh siswa untuk melihat lebih jelas hubungan yang pokok satu dengan yang lain.
  4. Apabila guru akan memperkenalkan pokok baru dalam rangka pendidikan yang lalu. image

Hal-hal yang perlu di perhatikan guru dalam metode ceramah ini adalah :

  1. Bahan pelajaran harus di sesuaikan dengan taraf perkembangan psikologis anak didik yang berhubungan dengan lingkungan sosial maupun lingkungan kebudayaan.
  2. Hendaknya guru dapat menyesuaikan tingkat bahasa yang di pergunakan dengan taraf kecerdasan murid.
  3. Gaya bahasa supaya di perhatikan, baik berupa ucapan, tempo, melodi, ritme, maupun dinamikanya.
  4. Guru agama sebagai penceramah baik sikap atau cara berdirinya harus menimbulkan rasa simpatik.
  5. Menampakkan wajah yang berseri-seri serta mimik yang ramah dan menarik.
  6. Hendaknya guru agama dapat memberikan kesan pada murid, bahwa ia sendiri sangat berminat pada bahan yang sedang ia bicarakan.
  7. Guru agama dalam memberikan pelajaran hendaknya di adakan variasi, misalnya tanya jawab dan sebagainya.

Dengan metode ini, dapat memahami tujuan yang akan di sampikan oleh guru dalam proses belajar mengajar selanjutnya sehingga mereka termotivasi untuk mengikutinya dengan penuh perhatian. Dalam pendidikan agama Islam metode inilah yang banyak di gunakan pada bidang studi lainnya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Pembelajaran Metode Ceramah, antara lain :
Bila Artikel Pembelajaran Metode Ceramah dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Pembelajaran Metode Ceramah ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit