Cara Penilaian Portofolio Belajar Siswa | Media Pendidikan

Senin, 05 Agustus 2013

Cara Penilaian Portofolio Belajar Siswa

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Penilaian portofolio merupakan kegiatan penilaian yang dilakukan dengan menggunakan bukti-bukti hasil belajar (evidence) yang relevan dengan kompetensi keahlian yang dipelajari. Evidence tersebut dapat berupa karya peserta didik (hasil pekerjaan) dari proses pembelajaran yang dianggap terbaik, atau bentuk informasi lain yang terkait dengan kompetensi keahlian tertentu.

Portofolio adalah kumpulan hasil karya seorang peserta didik, sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja, yang ditentukan oleh guru atau oleh peserta didik bersama guru, sebagai bagian dari usaha mencapai tujuan belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum. Jadi, tidak setiap kumpulan karya seorang peserta didik disebut portofolio.  Portofolio digunakan sebagai instrumen penilaian atau salah satu komponen dari instrumen penilaian, untuk menilai kompetensi peserta didik, atau menilai hasil belajar peserta didik. 

Sebagai instrumen penilaian, portofolio difokuskan pada dokumen tentang kerja siswa yang produktif, yaitu ‘bukti’ tentang apa yang dapat dilakukan oleh siswa, bukan apa yang tidak dapat dikerjakan (dijawab atau dipecahkan) oleh siswa. Bagi guru, portofolio menyajikan wawasan tentang banyak segi perkembangan siswa dalam belajarnya: cara berpikirnya, pemahamannya atas pelajaran yang bersangkutan, kemampuannya mengungkapkan gagasan-gagasannya, sikapnya terhadap mata pelajaran yang bersangkutan, dan sebagainya. 

image

Portofolio penilaian bukan sekedar kumpulan hasil kerja siswa, melainkan kumpulan hasil siswa dari kerja yang sengaja diperbuat siswa untuk menunjukkan bukti tentang kompetensi, pemahaman, dan capaian siswa dalam mata pelajaran tertentu.  Portofolio juga merupakan kumpulan informasi yang perlu diketahui oleh guru sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan langkah-langkah perbaikan pembelajaran, atau peningkatan belajar siswa. 

Portofolio peserta didik untuk penilaian merupakan kumpulan produk siswa, yang berisi berbagai jenis karya seorang siswa, misalnya:

a.     Hasil proyek, penyelidikan, atau praktik siswa, yang disajikan secara tertulis atau dengan penjelasan tertulis.

b.    Gambar atau laporan hasil pengamatan siswa, dalam rangka melaksanakan tugas untuk mata pelajaran yang bersangkutan.

c.     Analisis situasi yang berkaitan atau relevan dengan mata pelajaran yang bersangkutan.

d.    Deskripsi dan diagram pemecahan suatu masalah, dalam mata pelajaran yang bersangkutan.

e.     Laporan hasil penyelidikan tentang hubungan antara konsep-konsep dalam mata pelajaran atau antarmata-pelajaran.

f.     Penyelesaian soal-soal terbuka.

g.    Hasil tugas pekerjaan rumah yang khas, misalnya dengan cara yang berbeda dengan cara yang diajarkan di sekolah, atau dengan cara yang berbeda dari cara pilihan teman-teman sekelasnya.

h.     Laporan kerja kelompok.

i.      Hasil kerja siswa yang diperoleh dengan menggunakan alat rekam video, alat rekam audio, dan komputer.

j.      Fotokopi surat piagam atau tanda penghargaan yang pernah diterima oleh siswa yang bersangkutan.

k.     Hasil karya dalam mata pelajaran yang bersangkutan, yang tidak ditugas-kan oleh guru (atas pilihan siswa sendiri, tetapi relevan dengan mata pelajaran yang bersangkutan).

l.      Cerita tentang kesenangan atau ketidaksenangan siswa terhadap mata pelajaran yang bersangkutan.

m.   Cerita tentang usaha siswa sendiri dalam mengatasi hambatan psikologis, atau usaha peningkatan diri, dalam mempelajari mata pelajaran yang bersangkutan.

1.     Teknik Penilaian Portofolio

Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a.     Jelaskan kepada peserta didik maksud penggunaan portofolio.

b.    Jelaskan sampel-sampel portofolio yang dapat digunakan.

c.     Peserta didik diharuskan mengumpulkan dan mengarsipkan portofolio.

d.    Cantumkan tanggal pembuatan pada setiap evidence.

e.     Tentukan kriteria penilaian sampel-sampel portofolio.

f.     Lakukan penilaian diri peserta didik.

g.    Lakukan perbaikan terhadap portofolio yang belum sesuai dengan kriteria.


Contoh:  Penilaian Portofolio

Kompetensi Keahlian    : Teknik Gambar Bangunan

Mata Pelajaran/SK        : Menggambar Teknik Bangunan Gedung

Alokasi Waktu              : 1 (Satu) Semester

Nama Siswa                 : ..................................................                                                                     Kelas : X/1

 

 No

Standar Kompetensi/

Kompetensi Dasar

Periode

Kriteria

Keterangan

Keaslian

Kesesuaian

Kualitas / Kerapihan

Waktu Pembuatan

1.

Menggambar macam-macam pondasi

30/7

 

 

 

 

 

10/8

 

 

 

 

 

dst.

 

 

 

 

 

2.

Membuat analisa perencanaan bangunan gedung

1/9

 

 

 

 

 

30/9

 

 

 

 

 

dst.

 

 

 

 

 

3.

Dan seterusnya

...

 

 

 

 

 

Catatan:

Setiap karya peserta didik sesuai Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar yang masuk dalam daftar portofolio dikumpulkan dalam satu file (tempat) untuk setiap peserta didik sebagai bukti pekerjaannya. Skor untuk setiap kriteria menggunakan skala penilaian 0,00 - 0,00 atau 0 - 100. Semakin baik hasil penugasan/karya peserta didik, semakin tinggi skor yang diberikan. Kolom keterangan diisi dengan catatan guru tentang kelemahan dan kekuatan/kelebihan bukti belajar (evidence) yang dinilai.


2.     Pengolahan Data Penilaian Portofolio

Data penilaian proyek meliputi skor yang diperoleh dari tahap-tahap: perencanaan/persiapan, pengumpulan data, dan pengolahan data, pelaksanaan pekerjaan dan penyajian data/laporan. Dalam menilai setiap tahap, pendidik dapat menggunakan skor yang terentang dari 1 sampai 4. Skor 1 merupakan skor terendah dan skor 4 adalah skor tertinggi untuk setiap tahap. Jadi total skor terendah untuk keseluruhan tahap adalah 4 dan total skor tertinggi adalah 16. Berikut tabel yang memuat contoh deskripsi dan penskoran

Tahap

Deskripsi

Skor

Perencanaan/ persiapan

Memuat:

topik, tujuan, bahan/alat, langkah-langkah kerja, jadwal, waktu, perkiraan data yang akan diperoleh, tempat pelaksanaan proyek, daftar pertanyaan atau format yang digunakan sesuai dengan tujuan.

7,00 - 10

Pengumpulan data/informasi

a. Data/informasi tercatat dengan rapi,

    jelas dan lengkap.

b. Ketepatan menggunakan alat/bahan

7,00 - 10

Pengolahan data/Pelaksanaan pekerjaan

a. Ada pengklasifikasian data, penafsiran

   data sesuai dengan tujuan pelaksanaan 

   pekerjaan.

b. Ada uraian tentang pelaksanaan

    pekerjaan.

7,00 - 10

Penyajian data/ laporan

Merumuskan topik, merumuskan tujuan, menuliskan alat dan bahan, menguraikan cara kerja (langkah-langkah kegiatan)

Penulisan laporan sistematis, menggunakan bahasa yang komunikatif. Penyajian data lengkap, memuat kesimpulan dan saran.

7,00 - 10

 

Total Skor

 

 

Semakin lengkap dan sesuai informasi pada setiap tahap semakin tinggi skor yang diperoleh.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Cara Penilaian Portofolio Belajar Siswa, antara lain :
Bila Artikel Cara Penilaian Portofolio Belajar Siswa dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Cara Penilaian Portofolio Belajar Siswa ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit