Lomba Menulis Esai Sosial Budaya 2013 | Media Pendidikan

Kamis, 08 Agustus 2013

Lomba Menulis Esai Sosial Budaya 2013

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Tantangan besar bangsa Indonesia adalah hidup harmonis di tengah perbedaan. Bhinneka tunggal ika yang menjadi ikon pemersatu, kini dihadapkan pada kondisi yang rumit. Keragaman suku bangsa, agama, bahasa, seni, dan adat istiadat tak hanya menjadi sumber identitas yang membanggakan, tetapi belakangan menimbulkan berbagai percik api perselisihan. Lantas, bagaimana cara kita hidup harmonis di tengah perbedaan? Bagaimana cara kita mengelola keragaman budaya? Bagaimana upaya kita menanamkan dan merawat nilai-nilai dalam masyarakat majemuk? clip_image002

Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengundang pelajar tingkat SMA/SMK/MA/SMA-LB/Paket C untuk menyumbangkan gagasan dalam lomba menulis esai sosial budaya dengan tema “Hidup Harmonis di Tengah Perbedaan”. Naskah esai diharapkan mengkaji isu-isu aktual dan menyumbangkan perspektif guna membangun kehidupan harmonis di tengah perbedaan dan keragaman budaya.

Esai adalah jenis karangan yang mengekspresikan opini penulis mengenai tema tertentu. Karena itu penulis dituntut mampu mengungkapkan data, informasi, dan gagasannya mengenai suatu soal tanpa bersikap kaku pada pembaca. Esai tetap harus berisi argumentasi dan analisis yang jelas serta data yang akurat dan kredibel, tetapi dengan bahasa yang lugas, cerdas, dan komunikatif.

Alur dan Tahapan Lomba

clip_image003

DEWAN JURI 

Naskah esai akan diseleksi oleh dewan juri yang terdiri dari:

  • Dr. Riwanto Tirtosudarmo (Peneliti Senior LIPI)
  • S. Dloyana Kusumah (Peneliti Senior Puslitbang Kebudayaan)
  • Dr. Mu’jizah (Peneliti Badan Bahasa)
  • Putu Fajar Arcana (Redaktur Budaya Kompas)
  • Setiawati Intan Savitri (Forum Lingkar Pena)

Dewan Juri akan memilih 12 finalis guna diundang ke Jakarta untuk mempresentasikan karyanya di depan dewan juri. Hasil presentasi akan menentukan para pemenang lomba.

HADIAH

Juara I

:

Rp 10.000.000 + piagam

Juara II

:

Rp   9.000.000 + piagam

Juara III

:

Rp   8.000.000 + piagam

Juara Harapan I

:

Rp   7.000.000 + piagam

Juara Harapan II

:

Rp   6.000.000 + piagam

Juara Harapan III

:

Rp   5.000.000 + piagam

Hadiah Hiburan untuk 6 finalis lainnya

:

Rp   2.500.000 + piagam

* Pajak hadiah ditanggung pemenang . Info detail klik www.lktikebudayaan.com

** Karya para finalis akan diterbitkan dalam buku kumpulan esai terbaik.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Lomba Menulis Esai Sosial Budaya 2013, antara lain :
Bila Artikel Lomba Menulis Esai Sosial Budaya 2013 dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Lomba Menulis Esai Sosial Budaya 2013 ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit