Cara Mengelola Modul Ajar Kelas Maya | Media Pendidikan

Kamis, 27 Juni 2013

Cara Mengelola Modul Ajar Kelas Maya

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Langkah selanjutnya setelah melakukan pengisian pada Rencana Pembelajaran adalah mengisi Modul Ajar. Untuk mengisi Modul Ajar, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik menu “Modul Ajar” untuk mulai membuat dan mengelola modul ajar.

image

2. Modul Ajar terdiri atas beberapa tahap materi modul ajar yang harus diisi, antara lain: Identitas, Pengantar, Kegiatan Awal, Kegiatan Inti, dan Kegiatan Akhir.

3. Klik salah satu tahap tersebut, lalu mulailah mengisi layar editor yang tersedia dengan konten yang diinginkan, lalu klik tombol “Simpan”.

4. Tombol Tampilkan Preview digunakan untuk melihat tampilan modul ajar pada layar siswa.

5. Tombol Aktifkan digunakan untuk mengaktifkan modul ajar yang sudah diisi materi ajar secara lengkap. Dengan mengaktifkan modul ajar ini, maka siswa dapat melihat
modul ajar yang sudah dibuat oleh guru.

clip_image002

 

Pada bagian Identitas terdapat dua kolom yang harus diisi yakni Indikator

Pencapaian Kompetensi dan Deskripsi. Kedua kolom ini harus diisi, karena akan dibaca oleh siswa pada halaman awal Materi Belajar dan Kelas Maya.

- Pengantar, diisi dengan tujuan pembelajaran, apersepsi (bisa disertai dengan media, seperti: gambar, animasi, maupun video), serta petunjuk belajar.

- Kegiatan Awal, diisi dengan materi pembuka sesuai dengan indikator atau tujuan pembelajaran yang sudah dituliskan sebelumnya, serta petunjuk belajar yang mengarahkan siswa pada diskusi 2-2 di kelas maya. Deskripsi materi dapat disertai dengan media, seperti: gambar, animasi, maupun video.

- Kegiatan Inti, diisi dengan materi pelengkap atau materi inti sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dituliskan sebelumnya, serta petunjuk belajar yang mengarahkan siswa pada diskusi 4-4 di kelas maya. Deskripsi materi dapat disertai dengan media, seperti: gambar, animasi, maupun video.

- Kegiatan Akhir, berisi kesimpulan materi yang telah diberikan serta petunjuk belajar yang mengarahkan siswa untuk mengerjakan tugas dan latihan.

 

6. Anda juga dapat menambahkan file-file tambahan untuk melengkapi modul ajar yang dibuat, melalui panel Koleksi Pribadi, Katalog Media, dan Tautan.

clip_image002[5]

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Cara Mengelola Modul Ajar Kelas Maya, antara lain :
Bila Artikel Cara Mengelola Modul Ajar Kelas Maya dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Cara Mengelola Modul Ajar Kelas Maya ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit