Guru sebagai Perancang Pembelajaran (Designer of Instruction) | Media Pendidikan

Jumat, 14 Juni 2013

Guru sebagai Perancang Pembelajaran (Designer of Instruction)

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Guru sebagai Perancang Pembelajaran (Designer of Instruction), Pihak Departemen Pendidikan Nasional telah memprogram bahan pembelajaran yang harus diberikan guru kepada peserta didi pada suatu waktu tertentu. Di sini guru dituntut untuk berperan aktif dalam merencanakan PBM tersebut dengan memperhatikan berbagai komponen dalam system pembelajaran yang meliputi :

  1. Membuat dan merumuskan TIK
  2. Menyiapkan materi yang relevan dengan tujuan, waktu, fasilitas, perkembangan ilmu, kebutuhan dan kemampuan siswa, komprehensif, sistematis, dan fungsional efektif.
  3. Merancang metode yang disesuaikan situasi dan kondisi siswa
  4. Menyediakan sumber belajar, dalam hal ini guru berperan sebagai fasilitator dalam pengajaran
  5. Media, dalam hal ini guru berperan sebagai mediator dengan memperhatikan relevansi (seperti juga materi), efektif dan efisien, kesesuaian dengan metode, serta pertimbangan praktis. image
Jadi, dengan waktu yang sedikit atau terbatas tersebut, guru dapat merancang dan memperesiapkan semua komponen agar berjalan dengan efektif dan efisien. Untuk itu, guru harus memiliki kemampuan yang cukup memadai tentang prinsip-prinsip belajar, sebagai landasan dari perencanaan Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Guru sebagai Perancang Pembelajaran (Designer of Instruction), antara lain :
Bila Artikel Guru sebagai Perancang Pembelajaran (Designer of Instruction) dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Guru sebagai Perancang Pembelajaran (Designer of Instruction) ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit