Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi. Kurikulum berbasis kompetensi adalah outcomes-based curriculum dan oleh karena itu pengembangan kurikulum diarahkan pada pencapaian kompetensi yang dirumuskan dari SKL. Demikian pula penilaian hasil belajar dan hasil kurikulum diukur dari pencapaian kompetensi. Keberhasilan kurikulum dartikan sebagai pencapaian kompetensi yang dirancang dalam dokumen kurikulum oleh seluruh peserta didik.
Kompetensi untuk Kurikulum 2013 dirancang sebagai berikut:
1. Isi atau konten kurikulum yaitu kompetensi dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti (KI) kelas dan dirinci lebih lanjut dalam Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran.
2. Kompetensi Inti (KI) merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan ketrampilan (kognitif dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti adalah kualitas yang harus dimiliki seorang peserta didik untuk setiap kelas melalui pembelajaran KD yang diorganisasikan dalam proses pembelajaran siswa aktif.
3. Kompetensi Dasar (KD) merupakan kompetensi yang dipelajari peserta didik untuk suatu tema untuk SD/MI, dan untuk mata pelajaran di kelas tertentu untuk SMP/MTS, SMA/MA, SMK/MAK.
4. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar di jenjang pendidikan menengah diutamakan pada ranah sikap sedangkan pada jenjang pendidikan menengah pada kemampuan intelektual (kemampuan kognitif tinggi).
5. Kompetensi Inti menjadi unsur organisatoris (organizing elements) Kompetensi Dasar yaitu semua KD dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi dalam Kompetensi Inti.
6. Kompetensi Dasar yang dikembangkan didasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).
7. Silabus dikembangkan sebagai rancangan belajar untuk satu tema (SD/MI) atau satu kelas dan satu mata pelajaran (SMP/MTS, SMA/MA, SMK/MAK). Dalam silabus tercantum seluruh KD untuk tema atau mata pelajaran di kelas tersebut.
8. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dikembangkan dari setiap KD yang untuk mata pelajaran dan kelas tersebut.
Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel KARAKTERISTIK KURIKULUM 2013, antara lain :- Langkah Penyusunan RPP
- MATERI MATA PELAJARAN MATEMATIKA
- MATERI SEJARAH INDONESIA KURIKULUM 213
- Lingkup Pembelajaran Kurikulum 2013
- Prinsip Pembelajaran Kurikulum 2013
- Buku Tematik Kurikulum 2013 SD Download
- PERLUNYA PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013
- Kelompok Mata Pelajaran Peminatan Kurikulum2013 SMA/MA
- Kurikulum 2013 SMA Kelompok Mata Pelajaran Wajib
- KURIKULUM 2013 SMK TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI Kompetensi Struktur Kurikulum 2013
- KURIKULUM 2013 SMK /MAK SENI RUPA DAN KRIYA Kompetensi dan Struktur Kurikulum 2013
- KARAKTERISTIK KURIKULUM 2013
- Kurikulum 2013 Materi Diklat Supervisi Pembelajaran (Pengawas)
- Modul Kurikulum 2013 Materi Diklat Pengelolaan Pembelajaran Berdasarkan Peminatan
- Pengembangan Silabus Kurikulum 2013
- RASIONAL PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013
- Tahap pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013

0 komentar:
Posting Komentar