Mengelola Materi Ajar pada Kelas Maya | Media Pendidikan

Selasa, 25 Juni 2013

Mengelola Materi Ajar pada Kelas Maya

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

untuk mengelola materi ajar pada kelas maya rumah belajar anda harus login terlebih dahulu sebagai guru. jika anda belum melakukan pendaftaran kelas maya silahkan baca artikel pendaftaran kelas maya.

Jika anda belum login maka ikuti lengakah berikut.J ika guru sudah pernah mendaftar, maka ikuti langkah berikut untuk membuka kelas maya:

1. Buka alamat aplikasi : http://belajar.kemdikbud.go.id/kelasmaya

2. Masukkan username dan password pada kolom yang disediakan, lalu klik tombol
“Masuk”

clip_image002

Halaman awal muncul setelah pengguna berhasil melakukan login sebagai guru, berisi daftar materi ajar dan kelas maya yang telah dibuat, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

clip_image002[4]

1. Untuk memilih materi ajar yang diinginkan, klik tombol Kelola Materi Ajar kemudian klik salah satu Materi Ajar yang diinginkan. Mata pelajaran yang sudah dipilih akan muncul pada halaman awal ini.

2. Jika guru belum membuat kelas maya, maka pada kolom Kelas Maya yang Diajar belum ada daftar kelas maya. Jika kelas maya sudah dibuat, maka pada kolom ini akan muncul daftar kelas maya. Untuk membuka kelas maya, Klik salah satu Kelas Maya yang diinginkan (yang terdapat pada daftar kelas maya) untuk langsung menuju halaman Kelola Kelas Maya yang bersangkutan.

Menu Materi Ajar berisi halaman untuk mulai membuat materi ajar yang baru atau mengelola materi ajar yang telah dibuat.

1. Untuk membuat materi ajar, klik menu Materi Ajar.

clip_image002[6]

2. Pilih Mata Pelajaran yang ingin dibuat materi ajarnya.

clip_image002[8]

3. Selanjutnya akan muncul preview daftar topik yang tersedia untuk mata pelajaran tersebut. Klik tombol “Buat Materi Ajar Ini” untuk membuat materi ajar.

clip_image002[10]

4. Dari jendela konfirmasi yang muncul, klik OK untuk melanjutkan.

clip_image002[12]

5. Di halaman selanjutnya, yaitu halaman Ubah Materi Ajar, nama dari Materi Ajar secara default adalah sama dengan nama mata pelajaran. Anda dapat melakukan perubahan untuk judul nama materi ajar maupun deskripsi dari mata pelajaran tersebut. Klik tombol Simpan untuk menyimpan.

clip_image002[14]

6. Status publikasi bisa dicentang jika guru telah selesai membuat seluruh konten materi ajar pada topik yang dipilihnya dan ingin agar siswa dapat melihat materi ajar tersebut. Secara default, status publikasi berada dalam kondisi tidak tercentang.

7. Tombol Kelola Ujian adalah fitur untuk guru jika sudah ingin membuat soal ujian untuk materi yang sudah dipilih, untuk ujian evaluasi pembelajaran satu semester atau tergantung jumlah topik yang diisi konten materi oleh guru.

8. Tombol Kelola Penilaian merupakan fitur yang digunakan guru untuk menentukan bobot atau presentase nilai ujian dan nilai topik.

9. Tombol Daftar Nilai berisi daftar peserta didik yang sudah mengerjakan ujian dan menyelesaikan topik yang dipilihnya.

10. TopikAjar berisi daftar topik yang bisa diisi oleh guru dengan konten materi ajar yang diinginkan. Klik salah satu topik yang ingin dibuat Modul Ajarnya. Guru dapat memilih lebih dari satu topik untuk diisi materi ajar secara lengkap.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Mengelola Materi Ajar pada Kelas Maya, antara lain :
Bila Artikel Mengelola Materi Ajar pada Kelas Maya dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Mengelola Materi Ajar pada Kelas Maya ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit