Ketrampilan Guru dalam Penguatan motivasi dikelas | Media Pendidikan

Minggu, 30 Juni 2013

Ketrampilan Guru dalam Penguatan motivasi dikelas

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Penguatan (motivasi) adalah segala bentuk respons, apakah bersifat verbal ataupun nonverbal, yang merupakan bagian dari modifikasi tingkah laku guru terhadap tingkah laku siswa, yang betujuan untuk memberikan informasi atau umpan balik (feedback) bagi siswa atas jawaban atau perbuatannya sebagai suatu motivasi ataupun koreksi. Atau, penguatan adalah respons terhadap suatu tingkah laku yang dapat meningkatkan kemungkinan berulangnya kembali tingkah laku tersebut. Tindakan tersebut dimaksudkan untuk mengganjar atau membesarkan hati siswa agar mereka lebih giat berpartisipasi dalam interaksi belajar-mengajar.

Penguatan diberikan dengan tujuan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, mengontrol dan memotivasi perilaku yang negatif, menumbuhkan rasa percaya diri, serta memelihara iklim kelas yang kondusif.

image

Penguatan dapat dibagi menjadi penguatan verbal dan non-verbal. Penguatan verbal diberikan dalam bentuk kata-kata/kalimat pujian, sentuhan, kegiatan yang menyenangkan, serta benda atau simbol.

Dalam memberikan penguatan harus diperhatikan prinsip-prinsip berikut.

1. Kehangatan dan keantusiasan

2. Kebermaknaan

3. Hindari respon negatif

4. Penguatan harus bervariasi

5. Sasaran penguatan harus jelas

6. Penguatan harus diberikan segera setelah perilaku yang diharapkan muncul.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Ketrampilan Guru dalam Penguatan motivasi dikelas, antara lain :
Bila Artikel Ketrampilan Guru dalam Penguatan motivasi dikelas dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Ketrampilan Guru dalam Penguatan motivasi dikelas ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



1 komentar:

rusydi mengatakan...Jawab

harus ada guru yg berani melakukan perubahan dari kelas, tidak sekedar menerima sertifikasi tanpa menambah kualitas kerja dan dedikasi. selamat menginspirasi


Posting Komentar

Artikel Favorit