RPP IPA ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP KURIKULUM 2013
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan | : | SekolahMenegah Pertama |
MataPelajaran | : | IPA Ilmu Pengetahuan Alam |
Kelas/Semester | : | SemesterI |
Topik | : | Perubahan Benda-benda diSekitarKita |
Sub Topik | : | Bagaimana Cara MemisahkanCampuran |
AlokasiWaktu | : | 6X40menit(3kalitatapmuka) |
A. KOMPETENSI DASAR
1.1Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)dalamaktivitassehari-hari
1.2Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasimelaksanakan percobaan danmelaporkan hasil percobaan
2.3Menunjukkan perilakubijaksana dan bertanggungjawab dalamaktivitassehari-hari
3.5Memahamikarakteristikzat,sertaperubahan fisikadankimiapadazat yangdapat dimanfaatkanuntukkehidupan sehari-hari
4.6Melakukan pemisahancampuran berdasarkan sifatfisika dankimiazat
B. INDIKATOR
1. Mengidentifikasi perangkatalatpercobaan pemisahan campuran dengan metode filtrasi, evaporasi,kristalisasi,sublimasi,destilasi,dan kromatografi
2. Menjelaskan prinsip pemisahan campuran pada setiap metode berdasarkan data percobaan
3. Terampilmelakukan pemisahan campurandengan metodemetode filtrasi,evaporasi, kristalisasi,sublimasi,destilasi,dan kromatografi
4. Mengidentifikasi contohpemanfaatanpemisahan campuran dalamkehidupan sehari-hari
5. Menjelaskan prosespenjernihan air dengan metode pemisahan campuran
6. Memisahkan bahan-bahan yang masih dapatdigunakan menggunakan metodepemisahan campuran
7. Memilikirasaingintahu,teliti,danpedulilingkunganmelaluidiskusi,kerjakelompok,dan
melakukan praktikum pemisahan campuran
8. Menunjukkan ketekunan,tanggung jawab,saling menghargai dalamkegiatan belajardan bekerja baiksecara individu maupun berkelompok
9. Menjagakehidupandalamekosistemdaribahankimiaberbahaya denganmelakukan
pemisahan limbah sebelummembuang kelingkungan.
10.Membuatalatpenjernihanair darialatsederhanamenggunakan metode pemisahan campuran
C. TUJUANPEMBELAJARAN
1. MelaluikajianLKS,siswadapatmengidentifikasialat-alatuntuk percobaanpemisahan campurandenganmetode filtrasi,evaporasi,kristalisasi,sublimasi, destilasi,dekantasi dan kromatografi
2. Mengembangkanketerampilan memisahkancampuran melaluipraktikumpemisahan
campurandengan metodefiltrasi,evaporasi,kristalisasi,sublimasi, destilasi,dekantasi dan kromatografi
3. Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip dan metode pemisahan campuran metode
filtrasi,evaporasi,kristalisasi,sublimasi, destilasi,dekantasidankromatografi melalui diskusi data hasil percobaan
4. Siswadapatmenjelaskan pemanfaatan metode pemisahancampuran dalamkehidupan sehari-harimelalui diskusikelompok
5. Siswa dapat merancang dan membuat alat penjernihan air mengunakan metode pemisahan campuran
6. Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti, jujur, tekun, tanggungjawab, saling
menghargai pendapat melalui kegiatan praktikumdan diskusi kelompok
7. Siswadapat menerapkanprinsip-prinsippemisahancampuranuntuk menjagalingkungan dalamkehidupan sehari-hari setelahmengikuti pembelajaran
D. MATERI
1. MetodePemisahan Campuran
Metodepemisahan merupakansuatucara yangdigunakanuntukmemisahkanatau memurnikansuatusenyawaataukelompoksenyawayangmempunyaisusunankimia yangberkaitandarisuatu bahan,baikdalamskalalaboratoriummaupunskala industri. Metodepemisahanbertujuanuntukmendapatkanzatmurniataubeberapazatmurni darisuatu campuran,sering disebutsebagaipemurnian dan jugauntuk mengetahui keberadaan suatu zatdalamsuatusampel (analisis laboratorium).
2. Beberapa dasar pemisahan campuran antara lain adalah ukuran partikel,titikdidih,
kelarutan,dan pengendapan
3. Jenis-jenismetodepemisahan campuran a. Filtrasi
Filtrasiataupenyaringanmerupakanmetodepemisahanuntukmemisahkanzatpadat dari cairannya denganmenggunakan alatberpori(penyaring)
b. Sublimasi
Sublimasimerupakanmetodepemisahancampuranyangterdiridarisuatuzatyang memilikisifatdapatmenyublim dengan zatyangtidakdapatmenyublim
c. Kristalisasi
Kristalisasimerupakanmetodepemisahanuntukmemperolehzatpadatyangterlarut dalamsuatu larutan
d. Destilasi
Destilasimerupakanmetodepemisahanyangprinsipnyadidasarkanpadaperbedaan
titikdidihzatcairyangadadalamcampuransehinggadapatdipisahkanpadasaat salah satu zatcairmenguap lebih dahulu.
e. Evaporasi
Evaporasi merupakan metode pemisahan campuran dengan cara menguapkan pelarutpada campuran
f. Kromatografi
Kromatografi merupakan metodepemisahancampuranyangdidasarkan pada perbedaankecepatanmerambatantarapartikel-partikel yangbercampurdalamsuatu mediumdiamketika dialirisuatu mediumyang bergerak
g. Dekantasi
Dekantasimerupakanmetodepemisahancampuranzatcairdanzatpadatdengan cara mengendapkan endapan kemudian menuangkancairan
E. PENDEKATAN/STRATEGI/METODEPEMBELAJARAN
1. | Pendekatan | : Scientific |
2. | Metode | : Diskusi danEksperimen |
3. | Model | : DiscoveryLearning |
F. MEDIA,ALAT,DANSUMBERPEMBELAJARAN
1. Media
Charta,Komputer,LCD
2. Alatdan Bahan
No. | Jenis | Jumlah |
1. | Alatdan bahan praktikumFiltrasi | 2set |
2. | Alatdan bahan praktikumsublimasi | 1set |
3. | Alatdan bahan praktikum dekantasi | 2set |
5 | Alatdan bahan praktikumevaporasi | 1set |
4. | Alatdan bahan praktikumkromatografi | 1set |
5. | Alatdan bahan praktikum destilasi | 1set |
6 | Alatdan bahan praktikumkristalisasi | 1set |
Nama dan alatpraktikumsesuai denganyang tertulisdalamLKS
3. Sumber Belajar
a) BukuIPA SMPkelasVII,Puskurbuk2013 b)LKSmetode pemisahan campuran
c)Artikelmetodepemisahancampuran
G. KegiatanPembelajaran
Pertemuan Pertama(2JP)
Kegiatan | Langkah-langkah ModelDiscovery | DeskripsiKegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | Menciptakan Situasi(Stimulasi) | Pemusatanperhatian:
- Guru memperlihatkanberbagaicampuran misalnya air campur pasirdanaircampur tepung dan larutangaram kemudian gurumengajukanpertanyaanseperti:
• Diantaracampuraninimana daricampurantersebut yang merupakan campuran homogen dan heterogen? • Bagaimanacaramemisahkankomponen-komponen didalamcampurantersebut? - Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari metodepemisahancampuran | 10 menit |
KegiatanInti | Pembahasan Tugas dan Identifikasi Masalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data dananalisis
Verifikasi
Generalisasi | - Menyampaikaninformasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu eksperimen pemisahan campuran dengan metode filtrasi, dekantasi, evavorasi, kristalisasi - Membagisiswamenjadi10kelompok - Diskusi kelompok untuk mengkaji LKS pemisahan campuran dengan metode filtrasi, dekantasi, evaporasi,kristalisasi danmengidentifikasi konsepyang harusdiperolehmelaluipercobaan - Melakukan percobaan pemisahan campuran metode filtrasi,dekantasi, evaporasi, dankristalisasi - Siswamengamatipercobaandanmencatatdata pengamatanpadakolomyangtersediapadaLKS - Mengolahdanmenganalisisdatadarisetiappercobaan untukmenjawabpertanyaan-pertanyaanpadaLKS - Presentasihasilpercobaan - Diskusiprinsip-prinsippemisahancampuranberdasarkan hasildatahasilpercobaan - Membuat kesimpulan tentang prinsip-prinsip dan metodepemisahancampuran | 50menit |
Penutup |
| - Siswadangurumereviewhasilkegiatanpembelajaran - Gurumemberikanpenghargaan(misalnyapujianatau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompokyangberkinerjabaik - Siswa menjawab kuis tentang prinsip pemisahan campuran - Pemberiantugasuntukmempelajaripemanfaatan | 20 |
|
| pemisahancampurandalamkehidupansehari-haridan tugasbacapemisahancampurandengancaradestilasi, sublimasidankromatografi |
|
Pertemuan Kedua (2JP)
Kegiatan | Langkah-langkah ModelDiscovery | DeskripsiKegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | Menciptakan Situasi(Stimulasi) | Pemusatanperhatian:
- Gurumemperlihatkan larutancuka25%,alkohol70%dan airteh.
-Gurumengajukanpertanyaan:
• Bagaimanacaramemisahkankomponen-komponen didalamcampurantersebut? - Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari metodepemisahancampuranyangakandicoba. | 10 menit |
KegiatanInti | Pembahasan Tugas dan Identifikasi Masalah
Observasi
Pengumpulan data Pengolahan data dananalisis
Verifikasi
Generalisasi | - Menyampaikaninformasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu eksperimen pemisahan campuran denganmetodedestilasi,sublimasi,dankromatografi - Membagisiswamenjadi10kelompok - Diskusi kelompok untuk mengkaji LKS pemisahan campuran denganmetodedestilasi,sublimasi, dan kromatografi - Siswa mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh melaluipercobaan - Melakukanpercobaanpemisahancampuranmetode destilasi,sublimasi,dankromatografi - Siswamengamatipercobaandanmencatatdata pengamatanpadakolomyangtersediapadaLKS - Mengolahdanmenganalisisdatadarisetiappercobaan untukmenjawabpertanyaan-pertanyaanpadaLKS - Presentasihasilpercobaan - Diskusiprinsip-prinsippemisahancampuranberdasarkan hasildatahasilpercobaan - Membuat kesimpulan tentang prinsip-prinsip dan metodepemisahancampuran | 50menit |
Penutup |
| - Siswadangurumereviewhasilkegiatanpembelajaran - Gurumemberikanpenghargaan(misalnyapujianatau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompokyangberkinerjabaik - Siswa menjawab kuis tentang prinsip pemisahan campuran | 20menit |
|
| - Pemberiantugasuntukmempelajaripemanfaatan pemisahancampurandalamkehidupansehari-hari |
|
Pertemuan Ketiga (2JP)
Kegiatan |
DeskripsiKegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | - Pemusatanperhatian:Memperlihatkangambarberbagaicampuran yang dapat dipisahkan dengan metode pemisahan yang telah dipelajari (misalnyasampah dan air kotor) - Apersepsi:Memberikanpertanyaan tentangprinsip-prinsippemisahan campuran? - Motivasi:kalaudirumahmuairpompanyakotor,menurutmumetode pemisahan campuran apayang dapatdilakukan - Guru memberikan informasi tujuan dan manfaat mempelajari penerapan metodepemisahan campuran | 10 menit |
Kegiatan Inti | - Mencari informasi dan diskusi kelompok untuk mengidentifikasi pemanfaatanmetode pemisahancampuran dalamkehidupansehari- hari - Penyamaan persepsi tentang pemanfaatan metode pemisahan campurandalamkehidupan sehari-hari - Diskusi penerapan prinsip-prinsip pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari - Mencariinformasicaramembuatalatpemurnianairsederhana dari bukuatauinternetuntukmembuattugasproyek merancangdan membuatalatpenjernihan air. | 60 menit |
Penutup | - Mereview hasilkegiatanpembelajaran - Pemberian penghargaankepada kelompokyang berkinerja baik - Siswamenjawab kuis tentang prinsip pemisahan campuran - Pemberian tugas kelompok untuk membuat alat penjernihan air secara sederhana | 30 menit |
H. PENILAIAN
Metode dan Bentuk Instrumen
Metode | Bentuk Instrumen |
• Sikap | • Lembar Pengamatan Sikapdan Rubrik |
• TesUnjukKerja | • Tespenilaiankinerjametodefiltrasi |
• TesTertulis | • TesUraiandan Pilihan Ganda HOT |
Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel RPP IPA SMP KURIKULUM 2013, antara lain :
Dan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.
0 komentar:
Posting Komentar