Contoh pendekatan saintifik dalam pembelajaran di SMA
|
Kompetensi Dasar
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi waktu |
Pendahuluan | · Pengkondisian peserta didik · Appersepsi: tanya jawab materi sebelumnya mengenai Teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia dan dihubungkan dengan topik yang akan disampaikan · Menyampaikan tujuan pembelajaran | ...menit |
Inti | · Melakukan pengamatan gambar Candi Borobudur dan Candi Prambanan · Melakukan tanya jawab singkat tentang candi Borobudur dan Candi Prambanan · Mengumpulkan data melalui studi pustaka tentang candi Borobudur dan Candi Prambanan dengan historisnya · Menganalisis tentang bentuk bangunan Candi Borobudur dan Candi Prambanan · Menarik kesimpulan tentang kebenaran bangunan candi Borobudur dan candi Prambanan sebagai: 1. Wujud akulturasi budaya masa Hindu-Buddha di Indonesia berupa bahasa dan religi/kepercayaan 2. Wujud akulturasi budaya masa Hindu-Buddha di Indonesia berupa organisasi sosial kemasyarakatan 3. Wujud akulturasi budaya masa Hindu-Buddha di Indonesia berupa sistem pengetahuan dan peralatan hidup 4. Wujud akulturasi budaya masa Hindu-Buddha di Indonesia berupa kesenian 5. Gambar peninggalan Hindu-Buddha di Indonesia yang tidak terpelihara · Mengkomunikasikan tentang keberadaan candi Borobudur dan Prambanan sebagai wujud akulturasi budaya hindu dan budha di Indonesia | ... menit |
Penutup | · Menyimpulkan materi kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia · Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran · Melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran · Pemberian tugas “membuat tugas kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia dalam bentuk makalah”. | 20 enit |
Dan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.
0 komentar:
Posting Komentar