Contoh pendekatan saintifik dalam pembelajaran di SMA | Media Pendidikan

Senin, 21 Juli 2014

Contoh pendekatan saintifik dalam pembelajaran di SMA

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Contoh pendekatan saintifik dalam pembelajaran di SMA image

Sekolah : SMA Harmonisasi

Kelas/Semester : X / I

Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia

Topik : Kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia

Kompetensi Dasar

1.1 Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya

1.2 Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari

2.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada masa pra aksara, Hindu-Buddha dan Islam

2.3 Berlaku jujur dan bertanggung-jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah

3.7 Mengidentifikasi karakteristik kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia dan menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini

4.4 Menyajikan hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Hindu-Budda dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini


Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi

Alokasi waktu

Pendahuluan

· Pengkondisian peserta didik

· Appersepsi: tanya jawab materi sebelumnya mengenai Teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia dan dihubungkan dengan topik yang akan disampaikan

· Menyampaikan tujuan pembelajaran

...menit

Inti

· Melakukan pengamatan gambar Candi Borobudur dan Candi Prambanan

· Melakukan tanya jawab singkat tentang candi Borobudur dan Candi Prambanan

· Mengumpulkan data melalui studi pustaka tentang candi Borobudur dan Candi Prambanan dengan historisnya

· Menganalisis tentang bentuk bangunan Candi Borobudur dan Candi Prambanan

· Menarik kesimpulan tentang kebenaran bangunan candi Borobudur dan candi Prambanan sebagai:

1. Wujud akulturasi budaya masa Hindu-Buddha di Indonesia berupa bahasa dan religi/kepercayaan

2. Wujud akulturasi budaya masa Hindu-Buddha di Indonesia berupa organisasi sosial kemasyarakatan

3. Wujud akulturasi budaya masa Hindu-Buddha di Indonesia berupa sistem pengetahuan dan peralatan hidup

4. Wujud akulturasi budaya masa Hindu-Buddha di Indonesia berupa kesenian

5. Gambar peninggalan Hindu-Buddha di Indonesia yang tidak terpelihara

· Mengkomunikasikan tentang keberadaan candi Borobudur dan Prambanan sebagai wujud akulturasi budaya hindu dan budha di Indonesia

... menit

Penutup

· Menyimpulkan materi kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia

· Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran

· Melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran

· Pemberian tugas “membuat tugas kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia dalam bentuk makalah”.

20 enit

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Contoh pendekatan saintifik dalam pembelajaran di SMA, antara lain :
Bila Artikel Contoh pendekatan saintifik dalam pembelajaran di SMA dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Contoh pendekatan saintifik dalam pembelajaran di SMA ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit