Contoh Langkah Pembelejaran berbasis proyek SMA | Media Pendidikan

Kamis, 03 Juli 2014

Contoh Langkah Pembelejaran berbasis proyek SMA

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Contoh Langkah Pembelejaran berbasis proyek. SMA image

SEKOLAH : SMA Jayakarta

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/semester : X MIPA /1

Materi Pokok : Archaebateria dan Eubactaeria, ciri, dan peranannya

Alokasi Waktu : 4 JP dan 10 hari kegiatan terstruktur.

Kompetensi Dasar

3.5. Menerapkan prinsip klasi fikasi untuk menggo- longkan archaebacteria dan eubacteria berdasarkan ciri-ciri dan bentuk melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.

Indikator:

1. Menggolongkan bakteri ke dalam golongan archaebacteria dan eubacteria berdasarkan ciri dan bentuk dari hasil pengamatan.

2. Membedakan antara bakteri golongan archaebacteria dengan eubacteria

4.5. Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran archaebacteria dan eubacteria dalam kehidupan berdasarkan hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis

Indikator:

1. Melakukan kegiatan proyek untuk menunjukkan peranan bakteri yang menguntungkan kehidupan manusia.

2. Membuat laporan hasil penyelesaian proyek.

Langkah Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi kegiatan

Alokasi waktu

Pendahuluan

1) Guru melakukan apersepsi tentang peranan bakteri yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia.

( pertanyaan mendasar)

2) Bagaimanakah upaya yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan bakteri yang mengun tungkan kehidupan manusia ?

3) Guru memberikan tugas proyek yang harus diteliti siswa secara berkelompok tentang peranan bakteri yang menguntungkan bagi manusia.

..menit

Kegiatan inti

Menyusun Perencanaan Proyek.

1. Peserta didik secara berkelompok menentukan proyek yang akan dikerjakan, menentukan judul atau permasalahan yang akan dikerjakan.

2. Guru menyampaikan kriteria penilaian proyek yang dilakukan siswa

3. Peserta didik secara berkelompok merancang tahapan penyelesai-an proyek yang akan dilakukan (misal pemanfaatan bakteri Acetobacter xylinum dalam pembuatan nata de coco). Siswa menentukan alat bahan yang diperlukan, (air kelapa 1,5 l, 30 gr gula pasir, 30 gram pupuk ZA, 10 ml asam cuka, 125 starter, Plastik penutup loyang, Loyang) antisipasi keselamatan kerja (baik peserta didik maupun peralatan yang dipakai).

4. Mengkonsultasi tahapan penyelesaian proyek kepada guru pembimbing.

Menyusun Jadwal Proyek

Peserta didik menyusun jadwal kegiatan penyele saian proyek yang meliputi :

1. penyediaan alat dan bahan percobaan.

2. praktek pembuatan nata de coco

3. penambahan stater pada media

4. pengamatan harian

5. penyusunan laporan

Monitoring

Peserta didik melakukan pengamatan harian hasil pengerjaan proyek (pembuatan nata decoco) selama satu hari untuk mengikuti perkembangan hasil.

Evaluasi Pengalaman

Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan dan produk yang telah dilakukan.

..menit

Penutup

1. Guru dengan Tanya jawab dengan peserta membuat rangkuman atau kesimpu;an tentang peranan bakteri dalam kehidupan manusia.

2. Guru memberikan tugas lanjut untuk memacu kreativitas siswa tentang pemanfaatan bakteri dalam kehidupan manusia.

..menit

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Contoh Langkah Pembelejaran berbasis proyek SMA, antara lain :
Bila Artikel Contoh Langkah Pembelejaran berbasis proyek SMA dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Contoh Langkah Pembelejaran berbasis proyek SMA ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit