Ruang Lingkup, Teknik, dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013 | Media Pendidikan

Jumat, 11 Juli 2014

Ruang Lingkup, Teknik, dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013

CMS Sekolah Gratis untuk Pendidikan Indonesia

Ruang Lingkup, Teknik, dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013 image

1. Ruang Lingkup Penilaian

Penilaian hasil belajar peserta didik mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara berimbang sehingga dapat digunakan untuk menentukan posisi relatif setiap peserta didik terhadap standar yang telah ditetapkan. Cakupan penilaian merujuk pada ruang lingkup materi, kompetensi mata pelajaran/kompetensi muatan/kompetensi program, dan proses.

2. Teknik dan Instrumen Penilaian

Teknik dan instrumen yang digunakan untuk penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan memiliki karakteristik yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Instrumen yang digunakan untuk observasi, penilaian diri, dan penilaian antarpeserta didik adalah lembar pengamatan berupa daftar cek (checklist) atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik, sedangkan pada jurnal berupa catatan pendidik. Selain itu instrumen penilaian harus memenuhi persyaratan substansi/materi, konstruksi, dan bahasa. Persyaratan substansi merepresentasikan kompetensi yang dinilai; persyaratan konstruksi memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan bentuk instrumen yang digunakan, dan persyaratan bahasa adalah penggunaan bahasa yang baik dan benar serta komunikatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Rubrik adalah daftar kriteria yang menunjukkan kinerja, aspek-aspek atau konsep-konsep yang akan dinilai, dan gradasi mutu, mulai dari tingkat yang paling sempurna sampai yang paling buruk dengan kriteria sebagai berikut:

• Sederhana/mencakup asek paling esensial untuk dinilai

• Praktis/ mudah digunakan

• Tidak membebani guru

• Menilai dengan efektif aspek yang akan diukur

• Dapat digunakan untuk penilaian proses dan tugas sehari-hari

• Peserta didik dapat mempelajari rubrik & mengecek hasil penilaiannya

Rubrik kunci adalah rubrik sederhana berisi seperangkat kriteria yang menunjukkan indikator esensial paling penting yang dapat menggambarkan capaian kompetensi peserta didik.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga, artikel yang berhubungan dengan Artikel Ruang Lingkup, Teknik, dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013, antara lain :
Bila Artikel Ruang Lingkup, Teknik, dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013 dirasa bermanfaat untuk Anda, sudi kiranya Anda berikan G plus one anda kami juga sangat bahagia bila anda suka dengan tulisan Ruang Lingkup, Teknik, dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013 ini
Komentar www.m-edukasi.web.idDan kami sangat berterimakasih, kepada anda yang telah meninggalkan komentarnya dibawah ini.



0 komentar:


Posting Komentar

Artikel Favorit